judul gambar
BulelengHeadlines

Sambut HUT RI dan Kuningan, Distan Buleleng Gelar Pasar Tani dan Vaksinasi Massal

Singaraja, LenteraEsai.id – Dalam rangka menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI dan Hari Raya Kuningan, Pemerintah Kabupaten Buleleng melaui Dinas Pertanian (Distan) menggelar Pasar Tani dan vaksinasi massal, bertempat di Halaman Kantor Dinas Pertanian Buleleng di Singaraja, Kamis (10/8/2023).

Kegiatan yang menyuguhkan pangan, buah lokal serta hasil dan olahan pertanian dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se-Kecamatan Buleleng itu, dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Begitu dibuka, masyarakat terpantau sangat antusias untuk berbelanja di arena Pasar Tani.

Selain itu, tidak sedikit juga warga yang terlihat datang untuk memvaksinkan hewan peliharaannya di arena kegiatan yang juga dirangkaikan dengan aksi Vaksinasi Rabies secara massal.

Pasar Tani dan Vaksinasi Rabies tersebut juga tampak menjadi perhatian dari Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa yang berkesempatan hadir meninjau kegiatan, didampingi oleh Kepala Distan Buleleng Made Sumiarta.

Sekda Suyasa mengatakan, kegiatan ini mengartikan dua makna sekaligus, yakni selain menyambut HUT RI juga menyongsong tibanya Hari Raya Kuningan dua hari mendatang. Berbagai buah lokal dan aneka kebutuhan termasuk sarana upacara, disiapkan di arena Pasar Tani untuk memberi ruang bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. “Jadi, kegiatan ini sangat bagus. Merayakan HUT RI sekaligus mempersiapkan Hari Raya Kuningan,” ucapnya.

Untuk vaksinasi hewan secara massal sendiri, Sekda Suyasa mengakui bahwa ini adalah salah satu komitmen pemerintah yang menargetkan 70% anjing di Kabupaten Buleleng harus sudah tervaksinasi. Selain itu, langkah-langkah masif juga sudah dilakukan sehingga membuahkan hasil dengan turunnya kasus rabies bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, 2022, katanya.

Sementara itu, mewakili Kepala Distan Buleleng, Plt Sekretaris Distan Ni Luh Prima Diantariwati mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya dari Distan Buleleng dalam mengajak masyarakat untuk mulai beralih menggunakan buah lokal. Selain itu juga mengajarkan para petani untuk hilirisasi langsung. “Selama ini petani kan hanya budidaya saja, jadi kita ajarkan bagaimana proses dari hulu ke hilir melalui kegiatan ini,” ucapnya.

Dijelaskan olehnya, pada kegiatan ini 100 lebih komoditas lokal dari BPP se-Kecamatan Buleleng yang dibantu oleh penyuluh pertanian, dipasarkan di arena Pasar Tani ini. Di mana hasil pertanian dan olahan kelompok tani di masing-masing desa dipasarkan dalam rangka menyambut HUT RI dan juga serangkaian Hari Raya Kuningan.

Kenyamanan tersendiri sangat dirasakan salah seorang pengunjung bernama Sri Ayuni asal Jalan Arjuna Buleleng. Ia mengatakan kegiatan ini seperti “one stop shopping”. Segala kebutuhan hari raya termasuk produk olahan pertanian ada di sini, sehingga memudahkan masyarakat dalam mempersiapkan kebutuhan Hari Raya Kuningan, di samping harganya juga terjangkau.

“Saya berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelanjutan pada setiap momen hari raya. Jadi, memudahkan khususnya para kaum ibu dalam memenuhi kebutuhan menjelang hari raya,” ujarnya, mengharapkan.

Untuk diketahui, selain Pasar Tani, di lokasi yang sama juga dibuka pelayanan vaksinasi rabies bagi masyarakat yang mau memvaksikan hewan peliharaannya. Di mana vaksinasi ini merupakan komitmen bersama dalam mencegah kasus rabies di Kabupaten Buleleng. (LE/Bel)

Lenteraesai.id