judul gambar
HeadlinesKarangasem

Menteri KKP Minta Dikembangkan Kerang Abalon di Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang meluncurkan produk Unggul Udang Vaname di Kabupaten Karangasem, Bali, kini pada Selasa (24/1/2023) kembali hadir untuk mengecek hasil tambak udang jenis Nusadewa tersebut.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono datang ke Balai Produksi Induk Udang Unggulan dan Kekerangan yang berada di Desa Bugbug, Karangasem, disambut oleh Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa.

Dalam wawancaranya pada beberapa awak media massa, Wahyu Trenggono mengatakan kedatangannya ialah untuk mengecek dan memastikan bagaimana perkembangan serta penguasaan teknologi dari budidaya Udang Vaname di daerah tersebut.

“Bagaimana kita bisa meningkatkan dan juga menguasai teknologi dari budidaya udang ini. Jadi bukan hanya soal pembesaran atau produksinya saja, tetapi juga bagaimana pakan. Serta yang paling penting bagaimana membangun indukan yang baik dan seterusnya, yang sampai pada akhirnya kita memiliki kemandirian,” katanya, menjelaskan.

Menteri mengaku terkesan dengan pengelolaan KKP yang dikepalai oleh Wendi Tri Prabowo atas tanggung jawabnya. “Ternyata di sini bukan hanya udang yang semakin baik developmentnya atau risetnya, tapi juga ada abalon (jenis kerang) yang sudah bisa dikembangkan yang menurut saya ini adalah satu potensi ekonomi yang bisa dilakukan oleh masyarakat,” ucapnya.

Menteri Sakti Wahyu menyebutkan bahwa pihaknya sudah berbicara pada Wakil Bupati Karangasem tentang potensi kerang abalon dapat dibicarakan secara intens.  “Karena ini mudah untuk pengembangannya. Abalon ini mudah dan nilai ekonominya tinggi sekali lalu permintaan pasarnya juga bukan hanya lokal tapi juga internasional cukup tinggi. Nah ini harus bisa kita kembangkan dan kita lakukan ini pertumbuhan ekonomi real ya yang harus kita develop,” katanya, menekankan. (LE-Ami)

Lenteraesai.id