judul gambar
HeadlinesKarangasem

Bupati Karangasem Buka Kegiatan Bimtek SPIP Melalui Zoom Meeting

Karangasem, LenteraEsai.id – Bupati Karangasem I Gede Dana melalui zoom meeting membuka acara Bimbingan Teknis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem, Senin (19/12/2022), bertempat di Aula Sabha Widia Praja Disdikpora Karangasem

Pada kesempatan yang juga tampak dihadiri Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta itu, Bupati Gede Dana menyatakan sangat mengapresiasi serta menyambut baik pelaksanaan bimbingan teknis terkait SPIP Terintegrasi. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mewujudkan good governance, clean government dan open government dengan membenahi kinerja dan pengelolaan keuangan di Pemerintah Kabupaten Karangasem.

Bupati menjelaskan bahwa salah satu misi Pemerintah Kabupaten Karangasem adalah mengembangkan tata kelola pemerintahan yang baik, bebas korupsi serta pelayanan publik yang prima. Ini mendapat respon yang baik dari eksekutif dan legislatif, sehingga terjadi peningkatan yang signifikan atas kinerja dan pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Karangasem yang berbuah penghargaan opini WTP sebanyak 7 kali berturut-turut yang diberikan oleh BPK terhadap pengelolaan keuangan daerah.

Ditegaskan bahwa Penerapan SPIP bukan sekedar formalitas untuk memenuhi suatu ketentuan peraturan perundang-undangan. Penyelenggaraan SPIP dilandasi pada pemikiran bahwa Sistem Pengendalian Intern merupakan sesuatu yang melekat sepanjang kegiatan dan dipengaruhi oleh sumber daya manusia, ucapnya.

Bupati Gede Dana mengakui bahwa setiap program yang dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah tentunya tidak terlepas dari adanya risiko yang dapat berpengaruh dalam pencapaian tujuan. Oleh sebab itu, upaya implementasi manajemen risiko perlu dikembangkan lebih lanjut, mulai dari proses perencanaan yang merupakan pondasi bagi suatu instansi dalam mengembangkan program dan kegiatan yang lebih besar.

Gede Dana berharap dengan penyelenggaran SPIP terintegrasi yang baik, Pemerintah Daerah dapat melakukan perbaikan kualitas perencanaan secara berkelanjutan, dapat mengenali dan mengatasi risiko-risiko atas pelaksanaan program dan kegiatan, meminimalisasi risiko terjadinya korupsi/fraud, menggunakan sumber daya secara efisien dan efektif, meningkatkan kualitas pengendalian intern secara berkelanjutan sehingga sasaran-sasaran strategis Pemerintah Daerah dapat segera tercapai.

Mengingat pentingnya SPIP, Bupati Gede Dana mengimbau kepada seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk menyelenggarakan SPIP serta menerapkan manajemen risiko secara menyeluruh, tidak hanya pada unit kerja terkecil tapi juga hingga ke masing-masing individu, sehingga dapat menghasilkan efektivitas pelaporan dan kepatuhan di lingkungan Pemerintah Daerah Karangasem.

Sekda Karangasem I Ketut Sedana Mera dalam kesempatan tersebut mengharapkan pengolahan SPIP di tahun 2023 dapat dilakukan dengan lebih baik lagi.

Sedana Merta juga menegaskan para peserta Bimtek harus serius. “Mari kita optimal bekerja walaupun di akhir tahun ini sangat banyak ada kesibukan, tetapi pengolahan sistem pengendalian internal pemerintah harus bagus,” ucapnya

Plt Kepala Inspekturat Daerah Ida Bagus Ketut Suastika mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan Bimbingan Teknis SPIP ini adalah untuk meningkatkan pemahaman Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem dan juga mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel.

Ia melaporkan bahwa peserta Bimbingan Teknis Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi kali ini terdiri dari Sekretaris dan Pejabat Fungsional Perencana/Kasubag UK/staf yang membidangi SPIP di Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem. (LE-Ami)

Lenteraesai.id