BangliHeadlines

Pataka Panji-panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai Diserahterimakan di Bangli

Bangli, LenteraEsai.id – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bertindak selaku Inspektur Ucapara dalam rangka serah terima Pataka Panji-panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Klungkung ke Kabupaten Bangli, bertempat di Alun-alun Kota Bangli pada Selasa, 15 November 2022.

Upacara serah terima tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, anggota DPRD Bangli dan seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan serah terima Pataka Panji-panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai diadakan di Alun-alun Kota Bangli dengan melibatkan unsur Veteran, TNI, Polri, ASN, komunitas, pelajar bahkan anak-anak PAUD ikut ambil bagian untuk menyemarakan serah terima Pataka Panji-panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai kali ini.

“Kegiatan serah terima ini tentu kita harapkan berjalan sesuai harapan, dan juga Pataka dan Surat Sakti ini nantinya akan dibawa keliling ke tempat-tempat bersejarah yang ada kaitannya dengan perjuangan Anak Agung Anom Mudita di Kabupaten Bangli,” ucapnya.

Ditambahkannya, untuk malam harinya Pataka dan Surat Sakti tersebut akan disemayamkan di Tugu Makam Pahlawan Penglipuran dan selanjutnya pada hari Rabu, 16 November 2022 akan diserahkan oleh Kabupaten Bangli ke Kabupaten Gianyar.

“Tentu harapan kita bagiamana semangat dari pahlawan I Gusti Ngurah Rai dalam rangka mempertahankan kemerdekaan yang tidak mau kompromi dengan pihak NICA, dapat kita warisi. Ini membuktikan bahwa semangat kemerdekaan perlu kita jaga dan rawat bersama melalui berbagai hal yang kita lakukan dengan positif,” kata Bupati Sedana Arta.

“Dalam rangka melanjutkan cita-cita dari para pendahulu kita, di Kabupaten Bangli tentu gerakan pembangunan yang sudah kita lakukan akan terus kita gemakan sehingga rasa jengah untuk membangun Bangli akan semakin terpatri di sanubari dan dada seluruh masyarakat Bangli. Dan saatnya Bangli melompat lebih tinggi untuk mengejar segala ketertinggalan dari kabupaten dan kota yang lain,” ujarnya, menandaskan.

Setelah dilaksanakan serah terima, Pataka Panji-panji dan Surat Sakti diarak berkeliling ke pusat Kota Bangli, untuk kemudian disemayamkan semalam di Taman Makam Pahlawan Penglipuran.  (LE-BL) 

Lenteraesai.id