judul gambar
HeadlinesKarangasem

Gangguan Ginjal Akut Merebak, 5 Merk Obat Mengandung Etilen Glukolin Dilarang Beredar

Amlapura, LenteraEsai.id – Pascamerebaknya penyakit gangguan ginjal akut secara misterius yang menimpa anak-anak usia 2 tahun ke bawah di Indonesia, sejumlah obat-obatan khususnya yang berbentuk sirup untuk sementara waktu dilarang peredarannya di masyarakat.

Di Kabupaten Karangasem, Bali, obat-obatan yang mengandung etilen glukolin dan etilen glikol (EG) yang diduga menyebabkan timbulnya penyakit yang disebut ‘Ginjal Akut Progresif Atipikal/Atypical Progressive Acute Kidney Injury’ itu, telah dilarang peredarannya.

Pihak Dinas Kesehatan Karangasem telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada beberapa fasilitas kesehatan termasuk apotek-apotek, untuk sementara menahan atau tidak mengeluarkan obat-obatan yang diduga telah menimbulkan penyakit gagal ginjal akut pada anak-anak tersebut.

Salah satu apotek di Kota Amlapura, Karangasem yang dipantau pada Sabtu (22/10/2022), terlihat sudah memasang pengumuman yang ditujukan kepada para konsumen, bertuliskan ‘Demi keamanan pelanggan sesuai arahan Kemenkes/BPOM, maka Produk Sirup sementara ini belum bisa dilayani’.

I Dewa Gede Wijaya Kusuma SFarm, apoteker pada Apotek K24 Karangasem di Amlapura, mengatakan obat-obatan jenis sirup tersebut, untuk sementara waktu harus disimpan dan tidak diedarkan sampai ada pengumuman lebih lanjut dari Kemenkes RI.

“Tentu kami mengikuti arahan dari Kemenkes dan BPOM yang kini masih menindaklanjuti atau menginventarisir cemaran zat berbahaya yang terkandung dalam suatu jenis obat-obatan yang diduga telah menjadi pemicu dari gangguan ginjal akut pada anak-anak belakangan ini,” ucapnya, menjelaskan.

Untuk sementara, jika ada pasien datang ke apotek mencari obat sirup, maka apoteker di K24 Karangasem akan merekomendasikan penggantinya. Entah itu berupa pil, kaplet, ataupun kompres dan lainnya di luar sirup.

Sesuai pengumuman pihak BPOM, kata Dewa Gede Wijaya Kusuma, lima jenis sirup yang untuk saat ini diduga mengandung etilen glukolin atau EG yang berlebihan, di antaranya merk Termorex Sirup (obat demam), Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Demam Sirup (obat demam) dan Unibebi Demam Drops (obat demam).  (LE-Ami)

Lenteraesai.id