judul gambar
HeadlinesPendidikan

Prodi Teknologi Pangan FTP Unud Laksanakan Praktikum Lapangan Mata Kuliah Teknologi Kakao

Denpasar, LenteraEsai.id – Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana telah melaksanakan Praktikum Lapangan Mata Kuliah Teknologi Kakao di PT Cau Coklat Internasional pada Sabtu, 8 Oktober 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan yang mengambil mata kuliah pilihan Teknologi Kakao. Kegiatan praktikum lapangan ini didampingi oleh Dosen Program Studi Teknologi Pangan yaitu Dr Ni Nyoman Puspawati STP MSi, I Gede Arie Mahendra Putra STP MTP dan Putu Julyantika Nica Dewi STP MTP.

Kegiatan Praktikum Lapangan Mahasiswa untuk Mata Kuliah Teknologi Kakao ini merupakan kegiatan sebagai tindak lanjut Nota Kesepahaman antara Universitas Udayana dengan PT. Cau Coklat Internasional tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat; Penyelenggaraan Karya Ilmiah, Seminar dan Loka Karya; Peningkatan dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia, Nomor Nota Kesepahaman Nomor : B/56/UN14/HK.07.00/2021 Pasal 3 Ayat a. Praktikum Lapangan yang dilaksanakan diterima dan dilaksanakan langsung bersama Founder PT. Cau Coklat Internasional yaitu Dr Ir I Wayan Alit Artha Wiguna MSi.

Pada pelaksanaannya dilaksanakan diskusi mengenai proses penanganan buah kakao dari hulu ke hilir yang meliputi proses pra-panen dan pasca-panen di PT Cau Coklat Internasional, serta factory tour untuk melihat proses penanganan kakao dari hulu ke hilir hingga menjadi produk jadi dan dikemas di PT. Cau Coklat Internasional.

Salah satu perwakilan dosen yaitu Dr Ni Nyoman Puspawati STP MSi berharap, mahasiswa yang mengikuti praktikum lapangan ini dapat lebih memahami terkait proses produksi produk-produk kakao serta dapat langsung melihat praktik dari proses pembuatan coklat dari hulu ke hilir serta dapat membandingkan apakah terdapat persamaan maupun perbedaan dari teori yang didapatkan di dalam kelas dengan praktik langsung dalam proses produksi coklat yang dilaksanakan. (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id