DenpasarHeadlines

Tim Mahasiswa Arsitektur Unud Raih Juara I Bamboo Competition 2022

Denpasar, LenteraEsai.id – Tim mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Udayana (FT Unud) meraih juara I dalam Bamboo Competition 2022 berskala internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Warmadewa Denpassar, pada Sabtu (20/8).

Kompetisi ini merupakan rangkaian kegiatan Guangdong-Hongkong-Macao Greater Bay Area and ASEAN International Colleges and Universities Construction Competition. Terdapat dua tahap penjurian dalam Bamboo Competition ini: Penjurian internal oleh dosen Universitas Warmadewa dan penjurian yang dilakukan oleh 11 juri dari Indonesia dan Tiongkok.

Bamboo Competition yang diselenggarakan pada tahun 2022 ini mengambil tema ‘half pavilion’ yang dapat diartikan sebagai bangunan terbelah dua.

Tim MAYURA dari FT Unud yang dibimbing oleh Antonius Karel Muktiwibowo ST MT PhD, beranggotakan 8 mahasiswa arsitektur FT Unud angkatan 2020, yakni I Made Rio Sastra Erawan, Ida Bagus Mahardika Wikananda, Ida Bagus Renal Dipa Isaka, I Ketut Bagus Aryawibawa, Made Pande Aji Satria Angkasa, I Nyoman Aditya Prawita Putra, I Made Aditya Putra Januarta, dan Gede Surya Mahajaya.

Tim MAYURA berhasil menjadi juara I dengan membawakan karya berjudul ‘Mayura: When the Beauty Shines Brighter’. Paviliun yang didesain mengambil bentuk dasar bulu burung merak yang kemudian dibagi menjadi dua sesuai dengan tema kompetisi bamboo tahun ini. Dalam kompetisi ini, tim mahasiswa menyusun tiga materi presentasi, yaitu maket, poster, dan sampel objek untuk detail konstruksi skala 1:1.

Sebagai pemenang Bamboo Competition 2022, Tim MAYURA berkesempatan untuk menyuguhkan karyanya dalam pameran internasional di Guangzhou Nansha Bird Park, Tiongkok pada 15 September hingga 10 Desember 2022 mendatang.

Selain Tim MAYURA, mahasiswa arsitektur yang tergabung dalam Tim KUBU SISYA, juga berhasil masuk ke dalam nominasi 12 besar yang berhak untuk maju ke tahap penjurian kedua. Tim KUBU SISYA yang juga dibimbing oleh Antonius Karel Muktiwibowo ST MT PhD dengn mengambil konsep Tridatu sebagai konsep dasar paviliunnya.

Walaupun belum mendapatkan juara, tim KUBU SISYA berhasil meraih penghargaan Best Poster pada Bamboo Competition 2022. Prestasi yang diperoleh oleh kedua tim mahasiswa arsitektur Universitas Udayana ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba dan berprestasi sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.  (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id