BangliHeadlines

Resepsi HUT ke-77 RI, Pemda Bangli Gelar Konser Musik dan Peluncuran PHR Online

Bangli, LenteraEsai.id – Pemerintah Kabupaten Bangli menggelar konser musik dan peluncuran PHR (Pajak Hotel Restoran) Online serangkaian resepsi peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022, bertempat di Alun-alun kebanggaan Kabupaten Bangli, pada Minggu (21/8) petang.

Meski puncak perayaan HUT RI telah berlalu, namun beberapa pementasan ditampilkan pada malam resepsi tersebut, di antaranya Bangli Fasion Show bertempat di depan monumen Patung Kapten AA Anom Mudita yang diikuti secara spontanitas oleh pemuda-pemudi yang mengunjungi Alun-alun Bangli. Bupati dan Wakil Bupati Bangli beserta jajaran, juga ikut berpartisipasi dalam fasion show tersebut.

Selain itu, di panggung utama juga dipersembahkan penampilan grup musik dari RSU Bangli (Dokter And Geng), serta penampilan dari group vocal tim Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Bangli, persembahan video rangkuman kegiatan serangkaian HUT ke-77 RI di Kabupaten Bangli, peluncuran PHR Online oleh Bupati Bangli, penampilan video transaksi menggunakan E-ticketing di objek wisata Desa Penglipuran, video pembanguan yang telah berjalan di Kabuapaten Bangli, serta video promosi dari Bank BPD Bali. Di mana Bank BPD Bali Kantor Cabang Bangli merupakan sponsor utama dalam acara resepsi HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kabupaten Bangli.

Adapun grup band yang diundang oleh Pemda Bangli sebagai guest star dalam malam resepsi tersebut adalah Kis Band, salah satu grup band Bali yang karyanya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, khususnya di   Kabupaten Bangli.

Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan demo belajar matematika dengan metode GASING (Gampang, Asyik, Menyenangkan) oleh pakar matematika Prof Yohanes Surya bersama beberapa orang siswa di Kabupaten Bangli, Mereka pun menunjukan kecepatannya dalam berhitung matematika.

Malam resepsi tersebut dihadiri oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Sekda Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra, pimpinan Forkompinda Kabupaten Bangli, Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny Sariasih Sedana Arta, Ketua WHDI Kabupaten Bangli Ny Suciati Diar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangli Ny Suardini Giri Putra, Wakil Ketua DPRD Bangli Komang Carles, anggota DPRD Bangli, pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, Kepala BPD Cabang Bangli, Camat se-Kabupaten Bangli serta undangan lainnya.

Ketua Panitia Acara HUT ke 77 RI di Kabupaten Bangli, Dewa Agung Putra Suryadarma dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan serangkaian HUT RI di Kabupaten Bangli sudah berjalan dengan sangat baik, mulai dari pemasangan ribuan bendera di seluruh wilayah di Kabupaten Bangli, beberapa kegiatan lomba, paper mob, obor mob, serta apel peringatan HUT ke-77 RI sudah berjalan dengam sangat baik dan lancar.

Ia mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bangli sehingga kegiatan berjalan dengan lancar, serta memohon maaf apabila ada kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Semoga semangat masyarakat Bangli tetap bisa dipertahankan, dalam rangka mendukung program-program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangli, demi terwujudnya Bangli Era Baru,” kata Agung Suryadarma yang juga selaku Kasatpol PP Bangli.

Bupati Sang Nyoman Sedana Arta turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan peringatan HUT ke-77 RI di Kabupaten Bangli ini. “Semoga kerja sama dan semangat ‘jengah’ membangun Bangli selalu dapat digelorakan untuk menjadikan Kabupaten Bangli yang lebih baik untuk ke depan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bangli mengatakan dalam upaya transparansi dan peningkatan PHR (Pajak Hotel Restoran) di Kabupaten Bangli pihaknya telah mengeluarkan kebijakan pemasanagan tapping server dan web service bagi para wajib pajak hotel dan restoran di Kabupaten Bangli. Adapun tujuan dari kebijakan tersebut adalah menindaklanjuti program pusat untuk mengurangi ketergantungan Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat melalui optimalisasi Peningkatan Asli Daerah (PAD), tindak lanjut monitoring dari KPK ke Pemerintah Daerah setiap triwulan di 8 area, salah satu di antaranya optimalisasi pajak daerah.

Lebih lanjut dijelaskan, alat yang dipasang disesuaikan dengan kondisi masing-masing wajib pajak, di antaranya tapping server untuk para wajib pajak yang memiliki aplikasi tertentu sehingga alat ini merekam semua data transaksi dan bisa diterima data real time, web service bagi wajib pajak yang aplikasi data base di cloud datanya diterima perhari setelah clossing tidak real time akan tetapi web service ini akan di-update dalam waktu cepat dengan aplikasi robot yang nantinya bisa diterima real time.
Pihaknya menambahkan beberapa indikasi yang dapat dianalisis oleh Tim IT Pemda dan Tim IT Globalindo adalah, masih adanya oknum wajib pajak yang masih diduga bermain-main dengan aplikasi yang diterapkan oleh Pemda.

”’Semua masih dalam proses identifikasi dan analisis tim IT, masih ada oknum wajib pajak yang masih mencoba mempergunakan proses transaksi manual, masih ada indikasi untuk penyajian bufe masih total los artinya tidak dikenakan pajak, saya mengingatkan untuk segera di-update di masing-masing resto sehingga tidak ada transaksi yang lolos dari pajak,” ungkap Bupati Sedana Arta.

Bupati asal Desa Sulahan ini juga menambahlan, kebijakan yang sifatnya represif terhadap wajib pajak yang diduga ada ketidaksesuaian antara realita di lapangan dengan pajak yang dibayarkan adalah sebagai berikut, membuat tim pemeriksa pajak yang melibatkan tenaga ahli yang memiliki kompetensi selaku pemeriksa pajak di samping pemeriksa pajak Pemda yang saat ini sedang bimtek di Yogyakarta seperti, BPK dan BPKP, KPP Pratama, Pemeriksa Pajak dari Kanwil DJP Wilayah Bali, Tipikor Polres, Jaksa dari Kejaksaan Negeri Bangli, Tim IT Pemda dan Globalindo, yang mana tim ini memiliki tugas dan fungsi pemeriksaan/audit terhadap wajib pajak yang sekiranya patut diduga ada ketidaksesuaian antara realita dengan pajak yang disetorkan ke Pemda secara acak/random.

Ditambahkannya pemasangan alat ini baru sebatas uji coba selama empat bulan, untuk melihat tingkat akurasi alat ini bekeja dengan maksimal atau tidak dan ketika alat ini bagus dan maksimal, alat ini akan dipasang diseluruh wajib pajak hotel restoran di Kabupaten Bangli secara bertahap sesuai kemampuan keuangam daerah, serta tetap akan dilakukan evaluasi dan pemantauan pada semua wajib pajak secara rutin dan berkala terhadap kebijakan ini.

Melengkapi acara ini, Bupati dan Wakil Bupati Bangli juga menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba serangkaian HUT RI di Kabupaten Bangli. (LE-BG) 

Lenteraesai.id