judul gambar
DenpasarHeadlines

Tampilkan Tari Barong, Pemkot Denpasar Berpartisipasi dalam Pawai Budaya Rakerkomwil IV di NTT

Denpasar, LenteraEsai.id – Pemerintah Kota Denpasar menampilkan Tarian Barong pada Pawai Budaya dalam rangkaian kegiatan Rakerkomwil IV Apeksi ke-17 tahun 2022 di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (22/6).

Penampilan Tarian Barong ini dibawakan oleh beberapa Kadis dan Kabag Pemerintah Kota Denpasar serta warga Bali yang tergabung dalam Paguyuban Banjar Dharma Agung Kupang.

Ketua Paguyuban Banjar Dharma Agung Kupang dr Ari Wijana mengatakan, Tarian Barong merupakan simbol tentang kebaikan, kebajikan atau dharma. Tari Barong juga merupakan bentuk kesenian yang bersifat Bebali.

“Di mana fungsinya dalam ritual keagamaan yang identik disebut sebagai ‘Sesuwunan’ di kalangan masyarakat Bali dan dipercaya sebagai kekuatan mistis yang menuntun keyakinan manusia dalam mengimplementasikan nilai-nilai kebenaran serta memiliki kekuatan gaib atau diyakini dapat melindungi keselamatan umat manusia,” ungkap dr Ari Wijana.

Lebih lanjut disampaikannya, dengan menampilkan tarian barong pada Pawai Budaya dalam rangkaian Apeksi ini diharapkan dapat memperkenalkan kebudayaan Bali pada umumnya dan Kota Denpasar pada khususnya. “Melalui pawai budaya ini kami juga mengharapkan semua daerah mengenal dan mengetahui kebudayaan Kota Denpasar khususnya, dan Bali umumnya,” imbuhnya.

Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana didampingi Ketua DWP Kota Denpasar Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana mengatakan dengan menampilkan Tarian Barong diharapkan dapat memperkenalkan kebudayaan Bali dan Kota Denpasar pada khususnya. Sehingga banyak warga Kupang maupun daerah lainnya bisa berkunjung ke Kota Denpasar.

“Dengan demikian maka dapat membangkitkan pembangunan pariwisata maupun perekonomian masyarakat Bali umumnya dan Denpasar khususnya,” kata Alit Wiradana.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Kota Kupang Dr Jefirstson R Riwu Kore SE MM mengatgakan, penampilan Tarian Barong Kota Denpasar sangat spektakuler. Dengan penampilan Tarian Barong ini dapat memperkenalkan kebudayaan Bali umumnya dan Kota Denpasar khususnya, sehingga menarik orang untuk berkunjung ke Kota Denpasar.

Lebih lanjut, Jefirstson mengatakan dengan mengelar pawai budaya rangkaian dari Raker Komwil IV Apeksi ke-17 tahun 2022 di Kota Kupang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kupang. “Dari kegiatan ini terbukti banyak orang membeli pernak pernik dari UMKM kami,” katanya. (LE-DP)

Lenteraesai.id