BangliHeadlines

Bupati Sedana Arta Hadiri Grand Final Jegeg Bagus Bangli Tahun 2022

Bangli, LenteraEsai.id – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta SE menghadiri acara Grand Final Jegeg Bagus Bangli Tahun 2022 yang dilaksanakan di Alun-alun Kota Bangli pada Kamis (26/5/22) malam.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Wakil Bupati Bangli Wayan Diar SST Par, Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny Sariasih Sedana Arta, Ketua WHDI Kabupaten Bangli Ny Suciati Diar, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Wayan Sugiarta, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli Komang Pariarta, perwakilan Forkompinda Kabupaten Bangli, Jegeg Bagus Kabupaten/Kota se-Bali, Jegeg Bagus Bali, serta undangan lainnya.

Grand Final yang dilaksanakan di panggung utama Alun-alun Kota Bangli tersebut diikuti oleh 10 pasang finalis Jegeg Bagus Bangli yang dinilai oleh 5 orang juri, yakni Ida Bagus Gede Sutha Maharinaldi SKom, I Dewa Ayu Eka Taris Wahyuni SPd MPd, I Dewa Ayu Diah Tri Paramita Putri Nida SPsi MPsi, Psikolog I Wayan Doni Wijaya SM dan Dr I Wayan Wiwin SST Par MPar.

Kemudian untuk peserta yang lolos sebagai Jegeg Bangli 2022, yakni AA Ayu Mirah Dwiyanti (21) asal Kecamatan Bangli, sedangkan untuk peserta yang lolos sebagai Bagus Bangli 2022 adalah Made Arindra Riswana (20) asal Kecamatan Bangli, yang mana selanjutnya akan mewakili Kabupaten Bangli dalam pemilihan Jegeg Bagus Bali 2022 yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Bali.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli Wayan Sugiarta dalam kesempatan tersebut mengatakan, pemilihan Jegeg Bagus Bangli merupakan ajang pemilihan duta pariwisata Kabupaten Bangli yang merupakan kegiatan tahunan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, di mana pemenang ajang ini nantinya akan mewakili Kabupaten Bangli dalam pemilihan Jegeg Bagus Bali di tingkat Provinsi Bali.

Adapun tema dari Jegeg Bagus Bangli tahun 2022 ini adalah “Sahitya Yowana Wigati” yang berarti pemuda yang memiliki kerja sama/solidaritas dengan kontribusi yang nyata, tujuannya agar para pemuda dan pemudi yang terpilih memiliki rasa kebersamaan yang erat dengan kontribusinya yang nyata, khususnya untuk Kabupaten Bangli, ucapnya.

Kadis Sugiarta menambahkan, pemilihan Jegeg Bagus Bangli tahun 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan sumberdaya manusia di bidang pariwisata dan juga sebagai ajang pembelajaran untuk menumbuhkembangkan sikap kreatif, inovatif, sportivitas, berwawasan luas dan berprilaku positif yang nantinya bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan negara, yang mana rangkaian kegiatan sudah dimulai dari bulan Februari 2022 dengan melaksanakan sosialisasi ke sekolah SMU/SMK, universitas dan beberapa sekaha teruna di Kabupaten Bangli melalui media online maupun ofline.

Pemilihan Jegeg Bagus Bangli tahun 2022 melalui berbagai tahapan mulai dari seleksi awal dan pra karantina yang diisi dengan materi pembekalan dari Polres Bangli, Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta para alumni Jegeg Bagus Bangli yang tergabung dalam Semeton Jegeg Bagus Bangli. Materi yang diberikan adalah potensi pariwisata Kabupaten Bangli, kebijakan pariwisata serta materi peran pemuda dalam pembangunan dan bahaya narkoba, ujarnya.

Selanjutnya Kadis Sugiarta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan sehingga acara pemilihan Jegeg Bagus Bangli dapat terlaksana dengan baik.

Sementara itu, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam kesempatan tersebut menyampaikan, ajang pemilihan Jegeg Bagus Bangli ini merupakan bagian pembinaan generasi muda Kabupaten Bangli dalam penghayatan nilai-nilai/wawasan kebudayaan dan kepariwisataan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan di Kabupaten Bangli.

Generasi muda sangat rentan dengan adanya pengaruh budaya luar baik mental, gaya hidup, penggunaan obat terlarang dan pergaulan bebas. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menangkal pengaruh negatif budaya luar tersebut, di samping itu juga dapat memupuk bakat dan prestasi, khususnya diharapkan membawa misi sebagai duta Kabupaten Bangli dan mewakili Jegeg Bagus Bangli dalam grand final tingkat provisni dan menjadi inspirasi generasi muda Bangli untuk tetap menjaga seni dan budaya leluhur yang adiluhung.

Sedana Arta juga menambahkan, Jegeg Bagus Bangli diharapkan memiliki kecerdasan (Brain), kecatikan atau ketampanan (beauty), sikap dan perilaku yang baik (behavior). Serta kegiatan ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi muda Kabupaten Bangli, dapat menjadi agen perubahan yang positif serta mampu menularkan kegiatan positif di masyarakat. Selain itu juga dapat menghindarkan hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi kehidupan anak-anak, ujarnya, menekankan. (LE-BL) 

Lenteraesai.id