judul gambar
BangliHeadlines

Bupati Bangli Dampingi Wagub Ngaturang Bhakti Pepranian dan Penyineban di Pura Ulun Danu Batur

Bangli, LenteraEsai.id – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta beserta istri mendampingi Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) melaksanakan persembahyangan bhakti pepranian dan penyineban serangkaian Pujawali Ngusaba Kedasa Ida Betara di Pura Ulun Danu Batur Kintamani Bangli. Selasa (29/3/22).

Dalam kesempatan tersebut hadir pula para tokoh puri se-Bali, Kapolda Bali, Ketua PHDI Bali, Majelis Agung MDA Provinsi Bali, bupati/wali kota se- Bali atau yang mewakili, Wakil Bupati Bangli beserta istri, Kapolres Bangli serta undangan lainnya.

Jero Gede Batur Duuran dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara ngusaba tahun ini dimulai dari tanggal 2 Maret 2022 dan puncak karya pada Purnama Kedasa tanggal 17 Maret 2022, dilanjutkan dengan upacara Wayon Agung dan Wayon Alit, Penganyar kemudian hari ini dilaksanakan upacara penyineban.

Sebelum dilaksanakan penyineban terlebih dahulu dilaksanakan upacara pepranian sebagai ungkapan rasa syukur dan bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena pelaksanaan Upacara Ngusaba Kedasa sudah berjalan dengan baik dan semoga Tuhan selalu melimpahkan kemakmuran dan kesuburan kepada alam beserta isinya, ujar Jero Gede Batur Duuran.

Jro Gede Batur Duuran menambahkan bahwa proses upacara Ngusaba Kedasa tahun ini sudah berjalan dengan lancar walaupun masih dalam sutuasi pandemi. Astungkara tahun ini bisa dilaksanakan seperti sediakala tanpa pembatasan kegiatan masyarakat. Sebagai pemongmong di Pura Ulun Danu Batur, pihaknya melihat bahwa ayah-ayahan masyarakat sudah dilaksanakan dengan baik serta mengajak seluruh masyarakat Bali untuk selalu menjaga kesucian dan kelestarian tempat suci serta selalu menjaga kebersihan lingkungan, karena itu juga merupakan wujud bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan Krama Desa Adat Batur yang sudah melaksanakan Upacara Ngusaba Kedasa tahun ini dengan sangat baik. Serangkaian proses upacara, tradisi, dan budaya yang masih tertata dan terjaga kelestariannya dengan baik. “Semoga Ida Betara sane melinggih Ring Pura Ulun Danu Batur selalu memberikan keselamatan dan kerahayuan kepada kita semua,” ucap Sedana Arta.

Sementara itu Wakil Gubernur Bali Cok Ace dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jero Gede Batur Mekalihan serta kepada seluruh masyarakat Batur karena Upacara Ngusaba Kedasa sudah berjalan dengan sangat baik, dan semoga untuk ke depannya ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat Bali dalam pelaksanaan upacara adat dan keagamaan. Upacara Ngusaba Kedasa adalah upacara yang dilaksanakan setiap tahun, yakni setiap hari Purnama Kedasa. “Hari ini saya merasa bersyukur karena bisa hadir tangkil dalam upacara pepranian dan penyineban Ida Betara, sebelumnya pada tahun 2020 dan 2021 pelaksanaan upacara pepranian tidak begitu meriah karena dalam situasi pandemi Covid-19, namun saat ini situasi sudah perlahan membaik dan proses upacaara pepranian kembali bisa dilaksanakan seperti sediakala,” ujar Cok Ace. 

Cok Ace menambahkan bahwa saat ini kondisi perekonomian Bali belum pulih akibat pandemi Covid-19, tetapi antusias masyarakat yang tangkil ke Pura Ulun Danu Batur sangat tinggi. “Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kebangkitan ekonomi masyarakat Bali,” kata Cok Ace, mengharapkan.  (LE-BL) 

Lenteraesai.id