judul gambar
HeadlinesKarangasem

Setelah Menanti Cukup Lama, Masyarakat Abang Karangasem Miliki Puskesmas Rawat-Inap

Karangasem, LenteraEsai.id – Bupati Karangasem I Gede Dana terus berupaya melakukan perbaikan gedung kesehatan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Salah satunya dengan diresmikannya Gedung Puskesmas Abang 1 yang terletak di Banjar Dinas Tista Gede, Desa Tista Kecamatan Abang, Senin (17/1/2022).

Meski dengan keterbatasan anggaran, namun pembangunan Puskesmas Abang 1 selesai juga dilakukan dengan tepat waktu di atas lahan seluas 30 are, lengkap dengan fasilitas rawat-inap.

Peresmian mulai dipoperasikannya gedung bari tersebut mendapat sambuttan yang meriah penuh suca cita dari penduduk setempat. Masalahnya, masyarakat Kecamatan Abang sudah sejak lama menanti adanya Puskesmas yang dilengkapi fasilitas rawat-inap.

Pada acara peresmian siang itu, Bupati Karangasem Gede Dana mengatakan, dengan diresmikannya Gedung Puskesmas Abang 1, pihaknya berharap layanan kesehatan dapat dioptimalkan bagi masyarakat, utamanya pelayanan rawat inap dan medis selama 24 jam.  

“Setelah menanti cukup lama, masyarakat di Kecamatan Abang akhirnya bisa mendapatkan pelayanan medis 24 jam, serta pelayanan kegawatdaruratan hingga rawat inap dengan cepat, tanpa harus jauh-jauh ke RSUD Karangasem yang berlokasi di Amlapura,” ujar Bupati Dana. 

Ia menyebutkan, untuk layanan medis 24 jam dan kegawatdaruratan sudah bisa dinikmati oleh masyarakat sejak tanggal 2 Januari 2022, sedangkan untuk layanan rawat inap, ruangan dan fasilitasnya kini sudah siap tinggal menunggu registrasi dari Kementerian Kesehatan. 

“Nanti kami juga akan mengupayakan untuk pengadaan kelengkapan alat medisnya dan sarana prasarana yang lain guna menunjang pelayanan yang lebih optimal di Puskesmas Abang 1, terutama layanan rawat-inapnya,” kata Bupati Dana. 

Guna membuat masyarakat merasa lebih nyaman, Bupati Dana meminta Kadiskes Karangasem dapat mengagendakan kunjungan dokter spesialis ke Puskesmas yang ada di Karangasem, terlebih bagi yang sudah memiliki fasilitas rawat-inap. 

“Saya yakin para dokter spesialis yang melamar menjadi ASN juga bersedia mengabdikan diri tidak hanya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karangasem, tetapi juga di daerah-daerah seperti di Puskesmas yang ada di setiap kecamatan,” ujarnya, penuh semangat.

Setelah dibangunnya gedung baru Puskesmas Abang I, masyarakat Karangasem khususnya di Kecamatan Abang, banyak yang langsung menyampaikan ucapan terima kasih atas kepemimpinan Bupati Dana. Karena dengan kepemimpinannya mampu mewujudkan fasilitas kesehatan yang pro rakyat kecil. Sebab, ini sudah menjadi hal yang dicita-citakan masyarakat sejak puluhan tahun silam.

“Suksma Pak Bupati, karena saat ini kami bisa lebih dekat dan cepat untuk menerima pelayanan kesehatan,” kata Ketut Kode, salah seorang pasien asal Desa Kesimpar yang hari itu tetap mendapat pelayanan meski Puskesmas Abang sedang ada acara seremonial.

Untuk diketahui, Puskesmas di Karangasem selama ini berjumlah 12 buah, di mana 6 di antaranya telah dilengkapi fasilitas rawat-inap, dan 6 lainnya masih berupa rawat-jalan. Pelayanan rawat inap yang ada sudah berjalan di hampir seluruh kecamatan, kecuali di Kecamatan Bebandem. 

Untuk Puskesmas Manggis I tercatat sudah melayani rawat-inap sejak tahun 1986, Puskesmas Sidemen sejak tahun 1994, Puskesmas Selat tahun 2007, Puskesmas Rendang tahun 2008, Puskesmas Karangasem II sejak tahun 2010, dan Puskesmas Kubu I tahun 2014. Kini 2022 ditambah Puskesmas Abang I di wilayah Kecamatan Abang.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id