judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Disperindag Gelar Pengundian Untuk Penempatan Pedagang di Los Pasar Rakyat Gianyar

Gianyar, LenteraEsai.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar melaksanakan pengundian untuk penempatan para pedagang yang akan berjualan pada los di Pasar Rakyat Gianyar, Bali, Kamis (6/1/2022).

Tampak hadir pada pengundian los siang itu, Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Gianyar I Wayan Sadra, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gianyar Luh Gede Eka Suary, serta beberapa staf yang lainnya.

Pedagang yang akan direlokasi ke pasar yang baru selesai direnopasi  tersebut merupakan pedagang lama yang sudah terdata untuk mengikuti rangkaian pengundian los. Di mana Disperindag melakukan pengundian dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gianyar Luh Gede Eka Suary mengatakan, teknis pengundian dilakukan dengan terlebih dahulu mengundang pedagang yang sudah terdata dan sudah terverifikasi pada saat perpindahan (pedagang existing). Setelah mendapat undangan, para pedagang datang dengan membawa surat undangan dimaksud, serta langsung melakukan proses registrasi dan mengambil nomor undian.

“Kami undang pedagang lama yang nama-namanya telah terverifikasi pada saat perpindahan, kemudian melaksanakan registrasi dengan membawa surat undangan itu, dan langsung mengambil nomor undian,” kata Luh Gede Eka Suary, menjelaskan.

Ia menyebutkan, sebanyak 1.589 los Pasar Rakyat Gianyar diundi selama 3 hari, mulai dari 6- 9 Januari 2022. Pengundian los dibagi menjadi 4 pos/tempat berdasarkan jenis dagangan dan lantai tempat berdagang. Selama pengundian, setiap yang datang harus mematuhi protokol kesehatan.

Untuk sementara, selama 6 bulan ini, Pasar Rakyat Gianyar akan digratiskan. Ke depannya akan dilaksanakan subsidi silang berupa retribusi atau sewa tempat dengan payung hukum yang ada berupa Perda Retribusi. “Sekarang karena kesepakatan, selama 6 bulan perpindahan ini retribusinya akan digratiskan, dan setelah 6 bulan baru akan diproses. Memang sudah dipersiapkan mulai dari sekarang serta dengan payung hukum Perda Retribusi yang sudah ada,” kata Luh Gede Eka Suary.

Wayan Mas, salah seorang pedagang sayuran yang memperoleh los di Pasar Rakyat Gianyar mengatakan, dirinya sempat ragu apakah nantinya bisa membayar sewa/retribusi karena kondisi ekonomi yang lesu di tengah pandemi Covid-19. Namun setelah mendengar bahwa retribusi pasar akan digratiskan selama 6 bulan, ia menyatakan sangat berterima kasih kepada pemerintah, serta merasa sangat terbantu dalam meringankan beban yang harus dipikulnya.

“Mendengar untuk sementara akan digratiskan, saya selaku pedagang kecil sangat berterima kasih kepada pemerintah, karena pedagang masih dikasih dispensasi untuk tidak membayar uang sewa/retribusi tempat berdagang selama 6 bulan,” kata Wayan Mas, sumeringah.

Melihat kebersihan dalam penataan Pasar Rakyat Gianyar sekarang, Wayan Mas dan beberapa temannya yang lain, senada mengharap para pedagang bisa menjaga kebersihan agar Pasar Rakyat Gianyar yang kini telah cantik benar-benar tetap bersih dan nyaman, jauh dari kesan kotor dan kumuh. (LE-GN1) 

Lenteraesai.id