judul gambar
DenpasarHeadlines

Dukung IKM/UKM, Dekranasda dan Disperindag Denpasar Jalin Sinergi Dengan Platform Direktori Digital

Denpasar, LenteraEsai.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Denpasar, bersama-sama menjalin sinergi dengan platform direktori digital yakni Inaproduct.com guna memperkuat jejaring pemasaran produk Industri Kecil Menengah (IKM).

Pelaksanaan sosialisasi Inaproduct untuk IKM Denpasar berlangsung, Kamis (16/12) di Graha Sewaka Dharma Lumintang Denpasar. Sosialiasasi dibuka Wakil Ketua Dekranasda Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kadis Perindag Denpasar Ni Nyoman Sri Utari, dan Head of Marketing Inaproduct.com Krisna Harafa.

Ny Ayu Kristi Arya Wibawa menyampaikan bahwa komitmen Ketua Dekranasda Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara terus bersinergi bersama memberikan peluang untuk kebangkitan para pelaku IKM/UKM Denpasar. Sinergitas kali ini datang dari Inaproduct.com sebagai platform digital yang membuka peluang pemasaran bagi hasil IKM Denpasar.

Krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 telah besar berdampak terhadap IKM/UKM di Kota Denpasar. Para IKM/UKM harus memutar otak untuk dapat bertahan di masa pandemi. Para IKM/UKM dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam strategi pemasaran produk yang sangat menentukan keberhasilan suatu usaha.

Dengan adanya sosialisasi dari Inaproduct ini diharapkan dapat mendukung perkembangan IKM dalam desain produk maupun pemasaran atau promosi. “Saya berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman akan pentingnya kemiteraan dalam pengembangan usaha ke depan,” ujarnya.

Kadis Perindag Denpasar Ni Nyoman Sri Utari mengatakan, sosialisasi ini sebagai langkah Pemkot Denpasar dalam sinergitas memberikan peluang pemasaran dan mengajak bangkit kembali IKM Denpasar. Dalam situasi pandemi saat ini berbagai program kegiatan membangkitkan inovasi produk perajin Denpasar telah dilaksanakan. Salah satunya kerja sama dengan brand fashion dari Jepang dan saat ini juga bekerja smaa dengan Inaproduct.com.

“IKM terus bangkit, dan Pemkot Denpasar, Disperindag serta Dekranasda Denpasar mengajak terus berinovasi serta bersinergi bersama mencari peluang dan dapat berpromosi produk IKM Denpasar,” ucapnya.

Head Of Marketing Inaproduct.com Krisna Harafa mengatakan, platform Inaproduct ini merupakan hasil sinergitas antara Kementerian Perdagangan bersama Kementrian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian BUMN, Smesco Indonesia, PT Sarinah, dan PT Ina Produk Indonesia. Secara konsisten melakukan pendataan para pelaku usaha dari produsen, distributor, hingga pemegang brand lokal di seluruh Indonesia.

Data pelaku usaha dan produknya terkurasi dan tervalidasi dengan baik, lalu dikumpulkan dalam katalog digital yaitu Direktori Produk Indonesia. Direktori ini memudahkan para distributor hingga produsen dalam menemukan kebutuhan produksi dan usaha mereka, serta secara bersamaan memberikan kemudahan kepada mereka untuk ditemukan pelaku usaha lainnya.

Inaproduct menjadi ruang pamer bagi setiap pebisnis untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran, di mana setiap kebutuhan para pelaku bisnis terjembatani dalam satu platform B2B yang lengkap dan terpercaya. “Menjadi solusi digitalisasi yang nantinya dapat bekerja sama memperkuat jejaring mendukung pemasaran dan penjualan produk IKM yang lebih dikenal masyarakat,” kata Krisna Harafa.  (LE-DP)

Lenteraesai.id