HeadlinesKarangasem

Pohon Tumbang Rusak Atap Rumah Warga di Abang Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Meskipun saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem tengah disibukkan dengan penanganan korban gempa bumi di Desa Ban, Kecamatan Selat, namun TRC BPBD tetap sigap saat terjadi bencana alam yang lainnya.

Seperti kejadian pohon tumbang di Banjar Dinas Tiying Tali Kelod, Desa Tiying Tali, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem pada Kamis (21/10/2021), TRC BPBD dengan sigap datang ke lokasi untuk melakukan penanganan.

Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan, pohon tersebut tumbang bersamaan dengan turunnya hujan yang disertai angin bertiup kencang.

Pohon tumbang langsung menimpa rumah milik I Gede Wirata di Banjar Dinas Tiying Tali Kelod hingga mengalami kerusakan di bagian atapnya.

“Begitu menerima laporan kami langsung mengerahkan tim TRC BPBD Regu III untuk datang ke lokasi kejadian guna melakukan penanganan,” kata Arimbawa.

Selain merusak rumah milik Gede Wirata, sebatang pohon jenis singapur juga dilaprkan tumbang di daerah perbatasan Sibetan-Bebandem, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem.

Pohon tumbang dengan menutup sebagian badan jalan, sehingga cukup mengganggu kelancaran arus lalu lintas, meski tidak sampai menimbulkan kemacetan yang berkepanjangan.

“Pohon singapur tersebut diduga tumbang karena hujan dan angin yang begitu kencang, ditambah bagian perakar pohon yang tampak sudah lapuk termakan usia,” kata Arimbawa.

Arimbawa menyebutkan, dari dua kejadian pohon tumbang tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. “Kedua pohon saat ini sudah selesai ditangani tim yang dibantu juga pihak kepolisian dan masyarakat sekitar dalam menyingkirkan batangan pohon ke tempat yang aman,” kata Arimbawa, menandaskan. (LE-Jun)

Lenteraesai.id