judul gambar
BangliHeadlines

TMMD di Bangli Programkan Bedah Rumah, Pembangunan Telah Capai 85 Persen

Bangli, LenteraEsai.id – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) memiliki banyak sisi positif yang mengajarkan kegotongroyongan yang merupakan kebudayaan Indonesia.

Ukuran keberhasilan pelaksanaan program TMMD manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. TNI tidak ingin bekerja dan yang puas hanya TNI sendiri. Tetapi justru TNI harus memberikan kepuasan kepada masyarakat di mana ia bekerja.

Demikian diungkapkan Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke-112, Letjen TNI Benny Susianto SIP, yang saat ini menjabat Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat, di Posko Satgas TMMD Kodim 1626/Bangli di Desa Pengotan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli pada Kamis (30/9/2021).

Lebih lanjut disampaikan, Bangli mempunyai kesan yang sangat baik terkait pelaksanaan TMMD, karena saat pelaksanaan TMMD tahun lalu mengikutsertakan juga penghuni Lembaga Pemasyarakatan untuk ikut berpartisipasi dalam mengerjakannya dan ini cukup unik. Dengan motivasi dan harapan, bahwa para penghuni LP setelah nantinya kembali ke masyarakat akan merasa sebagai bagian dari bangsa ini dan tidak kembali lagi ke dunia hitam, katanya.

Kalau dilihat sasaran fisik pada TMMD kali ini sederhana sekali, tetapi mempunyai tujuan yang strategis yaitu dalam kontek TNI untuk membangun pertahanan dan dalam kontek kepolisian untuk menciptakan kondisi keamanan yang stabil. “Karena melalui TMMD kita dapatkan kemanunggalan bukan hanya TNI dengan rakyat, tapi semua komponen baik kepolisian, tomas maupun lembaga-lembaga sosial masyarakat. Itu tanpa disadari membangun kekompakan atau kemanunggalan, dan ini menjadi kekuatan dalam membangun bangsa baik dari segi ekonomi, keamanan maupun pertahanan,” kata Letjen Benny Susianto.

“Mengingat begitu strategisnya TMMD, hari ini saya hadir untuk melihat sejauh mana pelaksanaan TMMD yang ketiga kali dalam tahun anggaran 2021, dengan sasaran fisik begitu sederhana tetapi memiliki tujuan yang begitu penting,” ujar Ketua Tim Wasev TMMD.

Pengawasan dan evaluasi TMMD ke-112 tahun 2021 yang saat ini sedang berjalan bertujuan untuk mengukur kinerja Orgas Satuan TMMD mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran. Dengan harapan, agar kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efesien meskipun dalam situasi pandemi Covid-19.

Terkait sasaran non fisik, diharapkan dapat mendorong kreativitas masyarakat dalam mengangkat kualitas kehidupan ke arah yang lebih baik, maju, sejahtera dan mandiri serta dapat juga meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme, kesadaran bela negara dan kesadaran hukum, ujarnya.

Kepada anggota Satgas TMMD, Letjen Benny Susianto menekankan untuk terus saja berkarya, karena karya prajurit TNI senantiasa dinanti oleh masyarakat. Terus membangun soliditas dengan semua komponen bangsa baik dari kepolisian, masyarakat maupun yang lainnya. Karena soliditas ini menjadi modal utama pembangunan bangsa dan modal yang sangat kuat menjadikan bangsa ini besar, kata Ketua Tim Wasev.

Dalam kegiatan Wasev yang juga dihadiri Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Bupati Bangli bersama Forkopimda Kabupaten Bangli. Dandim 1626/Bangli selaku Dansatgas TMMD memaparkan pelaksanaan kegiatan yang kini memasuki hari ke-15.

Dikatakan, sebelum dibuka secara resmi beberapa minggu lalu, telah diawali dengan kegiatan pra TMMD selama 1,5 bulan dan pada dua hari yang lalu untuk pembukaan jalan, pengerasan jalan dan pengaspalan jalan sudah mencapai 100%. Untuk sasaran non fisik, dari 10 kegiatan sudah berjalan 4 kegiatan dan pada sasaran tambahan dengan capaian rabat beton dan pembuatan MCK sudah 100%, serta bedah rumah sudah mancapai 85%, ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi sasaran TMMD dan dalam kesempatan tersebut Kades Pengotan I Kadek Yastawan mengucapkan terima kasih kepada TNI yang sudah bersama-sama masyarakat dan instansi terkait lainnya bergotong royong membangun desanya.

“Dengan adanya jalan ini, harapan besarnya adalah nantinya dapat menunjang kesejahteraan masyarakat terutama di bidang ekonomi dan memudahkan akses masyarakat di sini untuk melakukan berbagai kegiatan dengan adanya fasilitas jalan ini,” katanya, mensyukuri.  (LE-DP1)

Lenteraesai.id