judul gambar
DenpasarHeadlines

Miliki Ratusan Hektare Lahan, Rektor Unud: Tidak Utak-Atik UKT, Akan Maksimalkan Pemberdayaan Aset

Denpasar, LenteraEsai.id – Universitas Udayana (Unud) selama ini memiliki lahan yang luas membentang hingga mencapai 157 hektere di wilayah Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, namun belum dimaksimalkan pemberdayaannya. Di sana-sini, masih banyak dijumpai semak belukar dan nampak meranggas di musim kemarau. Tetumbuhan bekul terlihat lebih menyeruak mendominasi lahan milik Universitas Udayana tersebut.

“Ya memang wilayah kampus di bukit luasnya mencapai 157 hektare, dan baru beberapaa hektare saja yang terisi dengan gedung. Sisanya masih semak belantara. Kita ingin memberdayakan aset guna memberikan nilai tambah bagi Unud dalam mengembangkan kelembagaannya,” kata Prof Dr Ir I Nyoman Gde Antara selaku Rektor Universitas Udayana (Unud) periode 2021-2025, pada media gathering dengan media massa yang berlangsung di La Prissa Kitchen Sanur, Denpasar,  Sabtu (25/9/2021) sore.

Rektor Unud menyebutkan, memberdayakan aset untuk memberikan nilai tambah, mjendesak harus dilakukan, karena ke depan sepertinya tidak favorit lagi jika kampus masih tetap mendapatkan dana tambahan untuk pendididikan dengan manarget uang kuliah tunggal (UKT) mahasiswa. “Langkah itu tidak favorit bagi saya,” kata Prof Dr Ir I Nyoman Gde Antara, menandaskan.

Dia melanjutkan, pihaknya justru ingin memperingan masyarakat dengan memberikan beasiswa. “Apalagi saat ini dalam situasi Covid-19, sehingga empati dan sensivitas kita terhadp kondisi masyarakat mesti kita tunjukkan. Ke depan saya tidak akan utak-atik UKT, malah ingin masyarakat dipermudah, sehingga yang menjadi target kami adalah pemberdayaan aset untuk diaktifkan kembali,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut Rektor Unud, pihaknya kini sudah rancang 6.000 kamar asrama mahasiswa, sehingga ada nilai ekonomisnya. Dengan demikian, mahasiswa baru tidak mengalami kesulitan di semester awal mereka memulai kuliah di Unud, terutama di semester 1 dan 2 karena mereka kuliah di dekat asrama. “Orang tua juga tidak perlu khawatir lagi, karena anaknya tidak perlu ke sana kemari lagi, terkait pemondokan bagi anak-anaknya. Sekarang masih dalam proses, regulasi, kelayakan, dipatok selesai Agustus 2022,” ujar Prof Gde Antara, menjelaskan.

Jurnalis Dihimpun

Di hadapan para jernalis, Rentot Unud menyebutkan bahwa media massa memiliki peran yang sangat penting sebagai jembatan informasi antara Universitas Udayana (Unud) dengan masyarakat (publik). Sebagai pihak penunjang kegiatan, media merupakan sarana publikasi yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi opini khalayak, sehingga dapat mendukung publikasi Unud. Untuk menjaga independensi dan keakuratan, media massa tentunya membutuhkan informasi yang resmi dan lengkap dari Unud.

Media Gathering antara Unud dan media massa diselenggarakan sebagai salah satu upaya menjalin hubungan baik, sekaligus sebagai sarana untuk menginformasikan berbagai hal tentang Unud ke publik melalui media. Hal inilah yang diharapkan dapat menciptakan hubungan saling menguntungkan antara Unud dengan media massa.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu menumbuhkan rasa saling memiliki, di mana Unud merupakan milik publik, sehingga segala informasi, program kegiatan dan raihan prestasi, dapat terpublikasikan dengan cepat, tepat dan sampai dengan baik ke masyarakat, ujar Prof Gde Antara.

Prof Gde Antara mengungkapkan, media Gathering ini menjadi proses awal dari terbentuknya Forum Komunikasi Unud dengan media massa. Melalui kesempatan ini rekan-rekan jurnalis akan dihimpun dalam sebuah WA Group agar dapat lebih mendekatkan diri dengan Unud. Tujuannya, untuk memudahkan segala informasi yang berkaitan dengan Unud agar sampai dengan utuh dan cepat ke pihak media.

Untuk menunjang hal tersebut, Unud akan membuat website khusus (dibantu oleh Urut Sumber Daya Informasi atau USDI), yang memuat beragam informasi dan kegiatan dari Rektorat, 13 Fakultas, Program Pascasarjana, serta beberapa Lembaga dan Unit Kerja di lingkungan Unud. Sehingga, selain memperoleh informasi dan foto dari akun Facebook dan Instagram Unud,

Rekan-rekan awak media dapat mengakses lebih banyak informasi dari website khusus ini. Peran serta rekan-rekan media sangat diharapkan untuk turut menyebarluaskan informasi mengenai Universitas Udayana, ujarnya, mengharapkan.

Dies Natalis ke-59

Acara ini diadakan serangkaian Dies Natalis ke-59 Universitas Udayana, di mana puncak acara akan diadakan pada 29 September 2021. Rangkaian kegiatan Dies Natalis tahun ini meliputi berbagai perlombaan, napak tilas, pengabdian masyarakat, bakti sosial, donor darah dan donor plasma konvalesen, webinar nasional, serta acara puncak dan kekeluargaan.

Adapun rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 Unud tersebut meliputi, Napak Tilas Prabu Udayana yang digelar pada Selasa, 14 September 2021. Napak tilas ini rutin dilaksanakan setiap perayaan Dies Natalis, yang juga diisi dengan kegiatan persembahyangan di beberapa pura yakni Pura Gunung Kawi, Pura Tirta Mengening, Pura Tirta Empul dan Pura Durghakutri di Kabupaten Gianyar.

Bakti sosial yang dilakukan pada Rabu, 15 September 2021, antara lain berupa penyerahan bantuan handsanitizer, masker dan multivitamin oleh Rektor dan para Wakil Rektor Unud, didampingi Ketua Panitia Dies Natalis ke-59 Unud, kepada perwakilan pengelola tempat isolasi terpusat (Isoter) di Wisma Bima 1, Wisma Bima 2, Bakung Beach Resort, Hotel Urban Hitz, dan Hotel Made.

Penyerahan wastra kepada Jero Mangku Pura Dalem Balembong dan Pura Maha Widya Saraswati, bertempat di lobi Gedung Rektorat Unud Kampus Jimbaran.

Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen (Jumat-Sabtu, 17-18 September 2021) bertempat di Gedung Skill Lab Cakra Vidhya Usadha, Fakultas Kedokteran, Kampus Sudirman Denpasar. Rektor Unud Prof Dr Ir I Nyoman Gde Antara MEng IPU, didampingi para Wakil Rektor dan Ketua Panitia Dies Natalis ke-59 Unud, meninjau pelaksanaan donor darah dan donor plasma konvalesen.

Kegiatan donor tersebut diikuti oleh civitas akademika Unud, mulai dari dosen, tendik, hingga mahasiswa. Pada kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen ini, ditargetkan diikuti oleh 100 orang pendonor.

Selain itu juga diselenggaraan berbagai perlombaan yang ditujukan bagi seluruh civitas akademika Universitas Udayana, yang dimulai tanggal 15  hingga 24 September 2021. Selanjutnya dilakukan penilaian mulai tanggal 25 September 2021, dengan sistem penilaian juri dan sistem like terbanyak pada akun Instagram @dies.unud59.

Pemenang masing-masing lomba akan diumumkan saat puncak acara Dies Natalis ke-59 Unud. Lomba-lomba yang diadakan tahun ini meliputi: a. Lomba Esai Pendek b. Lomba Photovoice C. Lomba Twibbon d. Lomba Ucapan Selamat Dies Natalis e. Lomba Lagu ‘Sang Juara’ £ Lomba Dokumentasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, g. Lomba Makekawin h. Lomba Gebogan Hias 1 Lomba Tik Tok dan Reels j. Lomba Menyanyi Populer k. Lomba Podcast Mini Jenaka S. Webinar Nasional (Kamis, 23 September 2021)

Untuk giat webinar nasional yang mengusung tema ‘Peran dan Inovasi Perguruan Tinggi dalam Menyukseskan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Pandemi Covid-19’ dalam rangka Dies Natalis ke-59 Universitas Udayana, menghadirkan tiga pembicara, yaitu Prof drb Aris Junaidi PhD (Direktur Belmawa Dikti Kemendikbudristek),  Dr Andi Ilham Makhmud (Ketua Tim Pokja Pertukaran Mahasiswa Merdeka Kemendikbudristek), dan Prof Dr Ir Djagal Wiseso Marseno MAgr (Wakil Rektor I dan Ketua Satgas MBKM UGM).  (LE-DP)

Lenteraesai.id