judul gambar
HeadlinesKarangasem

Pohon Tumbang dan Tanah Longsor Tutup Jalur Lalu Lintas Bukit Jambul

Karangasem, LenteraEsai.id – Arus lalu lintas di sepanjang ruas jalan Bukit Jambul-Selisihan sempat terganggu akibat adanya pohon tumbang disertai tanah longsor di belahan Banjar Dinas Pesaban, Desa Pesaban, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem pada Kamis (5/8/2021).

Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan, peristiwa tersebut terjadi akibat hujan deras yang terus mengguyur kawasan Rendang hingga menyebabkan tanah menjadi lembab dan labil.

“Begitu menerima informasi, kami langsung mengerahkan TRC BPBD Regu III untuk meluncur ke lokasi kejadian guna melakukan penanganan,” kata Arimbawa.

Dalam melakukan penanganan di lokasi kejadian, TRC BPBD Regu III juga dibantu oleh pengamat jalan Kecamatan Rendang, mandor jalan, 30 personel juru karya jalan PUPR Karangasem, perbekel, Bhabinkamtibmas, staf kecamatan dan masyarakat setempat.

“Saat ini bentangan pohon dan material longsoran yang menutup badan jalan sudah berhasil ditangani, dan akses jalan sudah kembali normal seperti biasa,” kata Arimbawa, menjelaskan.

Selain melakukan penanganan terhadap pohon tumbang dan juga tanah longsor, di hari yang sama BPBD Kabupaten Karangasem juga menyerahkan bantuan langsung kepada keluarga I Putu Merta Nadi yang merupakan korban tanah longsor di Banjar Dinas Pejeng, Desa Menanga, Kecamatan Rendang.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan meliputi 5 kg beras, 5 liter minyak goreng, 2 buah selimut, paket sandang, kids, terpal dan matras. Bantuan tersebut diterima langsung oleh keluarga korban yang terkena musibah, disaksikan Camat Rendang, Kadus dan Majelis Adat Kecamatan Rendang.

“Bantuan ini hanya sekedar dari kami, semoga dapat meringankan beban dari keluarga korban yang terkena musibah,” kata Arimbawa,  menyampaikan.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id