judul gambar
HeadlinesKarangasem

KPU Karangasem Akan Kembalikan Rp4,8 Miliar Anggaran Sisa Pilkada 2020

Amlapura, LenteraEsai.id – Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Karangasem masih menyisakan anggaran pilkada 2020, karena selama tahapan pilkada beberapa kegiatan dapat dilakukan dengan efisien.

“Dari awal kita merencanakan menggunakan anggaran sebesar Rp31 miliar lebih, tapi sampai akhir tahapan kita masih menyisakan uang sebanyak Rp4,8 miliar lebih, dan laporannya hari ini sudah kita serahkan ke pimpinan DPRD,” kata Ketua KPU Karangasem Ngurah Gede Maharjana, di Amlapura, Selasa (23/3).

Sisa anggaran sebesar itu terjadi karena KPU Karangasem dapat mengefisienkan beberapa kegiatan, seperti sosialisasi yang sedianya direncanakan ada kegiatan tatap muka, tapi dengan adanya pandemi Covid-19 beralih ke Zoom Meeting.

Selanjutnya KPU Karangasem juga menganggarkan sekitar Rp1 miliar untuk menghadapi gugatan di Mahkamah Konstitusi, tapi untuk pilkada tahun ini tidak ada gugatan, ucapnya.

Kemudian dari rencana awal sesuai dengan ketentuan KPU bahwa 20 persen dari jumlah kursi di DPRD akan ada 5 calon yang bertarung, tapi ternyata hanya ada 2 pasangan calon yang bertarung di pilkada 2020.

“Dari beberapa kegiatan itulah kita bisa mengefisienkan anggaran sebesar Rp4,8 miliar lebih, dan pada pertengahan bulan April akan diserahkan karena saat ini masih ada kendala dalam proses administrasi keuangan,” kata Maharjana, menjelaskan.

Maharjana juga mengatakan dari hasil evaluasi pelaksanaan pilkada tahun lalu masih ada beberapa hal yang menjadi kendala, salah satunya adalah masalah kesediaan internet karena KPU Karangasem ke depannya akan menggunakan beberapa aplikasi terutama saat perhitungan suara direkap.

“Untuk persiapan pilkada serentak pada tahun 2024 nanti, kita juga sudah mengusulkan permohonan kepada Bupati Karangasem dan juga Ketua DPRD Karangasem untuk memfasilitasi agar kita dapat melaksanakan sosialisasi,” kata Maharjana, menandaskan. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id