judul gambar
HeadlinesKarangasem

Senderan Pura Jebol, Tutup Total Akses Jalan di Muncan Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Senderan sebuah pura dadia di Banjar Dinas Meranggi, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, tiba-tiba longsor seiring turunnya hujan lebat pada Selasa (23/2) malam.

Material longsoran langsung menutup seluruh badan jalan yang ada di samping pura hingga mengakibatkan arus lalu lintas tertutup total bagi semua jenis kendaraan.

Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa saat dikonfirmasi, Rabu (24/2) mengatakan, karena material longsoran cukup banyak, pihaknya akan mengupayakan alat berat untuk melakukan penanganan.

“Material longsoran cukup banyak, jadi tidak mungkin dilakukan penanganan secara manual. Kalaupun bisa, tentu memakan waktu yang cukup lama,” ungkap Kalaksa Arimbawa.

Senderan pura dadia tersebut terletak sekitar 15 meter di atas permukaan jalan raya, kemudian jebol dalam beberapa meter hingga menutup jalan sepanjang kurang lebih 30 meter.

Dari hasil pantauan tim BPBD Karangasem, diketahui bahwa tumpukan material longsoran cukup banyak hingga menutup akses jalan sepanjang 30 meter. Akibatnya, para pengguna jalan yang akan melewati jalur tersebut disarankan untuk mencari jalan alternatif lain.

Namun sayangnya, jalan alternatif yang ada tidak bisa dilewati oleh kendaraan besar karena lebar jalan yang cukup sempit, ucapnya.

“Kami sudah berkomunikasi dengan dinas terkait untuk menurunkan alat berat untuk melakukan penanganan supaya akses jalan bisa secepatnya dilalui oleh kendaraan,” kata Kalaksa Arimbawa, menjelaskan. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id