judul gambar
HeadlinesKarangasem

Perangkat Gong Lenyap dari Tempat Penyimpenannya di Desa Pempatan Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Beberapa bagian perangkat gong atau  gamelan tradisional Bali, lenyap dari tempat penyimpenannya di Bale Gong Pura Puseh, Banjar Dinas Pempatan, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Kejadian tersebut pertama kali diketahui saat Sekehe Gong Desa Adat Pempatan hendak mengadakan latihan nabuh pada Kamis (7/1/2021) malam sekitar pukul 19.00 Wita.

Beberapa jenis gamelan yang hilang setelah digondol kawanan pencuri yang diduga lebih dari dua orang itu, antara lain terompong 10 buah, reong 12 buah, kajar/kemong 1 buah, kempi 1 buah dan tawa-tawa 1 buah.

Kapolsek Rendang AKP I Made Sudartawan ketika dikonfirmasi pada Jumat (8/1), membenarkan kejadian tersebut. “Memang benar kemarin malam telah terjadi pencurian beberapa unit alat gamelan, dan sekarang kejadian tersebut sedang kami dalami dan selidiki,” katanya.

AKP Sudartawan menambahkan, selain membawa lari beberapa unit perangkat gamelan, kawanan pencuri juga menggondol sebuah tabung gas elpiji ukuran 3 kg yang juga tersimpan di balai gong.

Mengenai jumlah kerugian, Kapolsek menyebutkan masih dalam penghitungan, namun dugaan sementara sekitar Rp10 juta.

Untuk mengungkap pelakunya, Kapolsek mengaku sampai saat ini pihaknya sudah memeriksa tiga orang saksi, dan akan terus dikembangkan. “Semoga pelakunya cepat bisa kami tangkap,” ujarnya, menandaskan.

Hilangnya perangkat gong dari tempatnya itu diketahui setelah salah seorang anggota sekehe gong, I Ketut Susila Antara (51), meminta kepada rekannya I Wayan Gunawan (27) untuk mengeluarkan alat-alat tabuh yang ada di dalam ruang tempat penyimpanan, yang saat itu memang tidak dalam keadaan terkunci.

Begitu masuk ke ruang penyimpanan, Wayan Gunawan mengaku kaget melihat beberapa alat gamelan lenyap dari tempatnya. Ia bersama Ketut Susila Antara kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Jero Bendesa Desa Pempatan I Nyoman Warsa, yang selanjutnya meneruskan pelaporan itu kepada pihak Polsek Rendang.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id