judul gambar
HeadlinesKarangasem

Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Karangasem akan Dilaksanakan di 12 Puskesmas dan 1 RSUD

Amlapura, LenteraEsai.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem sudah mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di wilayah Bali bagian timur itu.

“Vaksinasi tahap pertama tinggal beberapa hari lagi, dan seluruh sarana dan prasarana sudah kami siapkan dengan matang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, kepada pers di Amlapura, Jumat (8/1/2021).

Ia menyebutkan, untuk kepentingan vaksinasi tahap pertama yang rencananya dimulai 14 Januari mendatang, pihaknya telah menyiapkan 12 Puskesmas dan 1 RSUD sebagai tempat pelaksanaannya.

“Kami sudah siapkan semuanya seperti SDM, tempat dan perangkat pendukung lainnya. Semua sudah sesuai dengan standarisasi dari Kemenkes dan pada hari ini kami akan lakukan sosialisasi kepada seluruh instansi terkait tentang proses vaksinasi tersebut di Kabupaten Karangasem,” ungkapnya.

Selain melakukan sosialisasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem juga berencana menggelar simulasi terkait dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada hari Senin (11/1) mendatang, sebelum vaksinasi benar-benar dilakukan pada 14 Januari 2021.

Untuk calon peserta yang akan menerima vaksin, Kadis Pertama menjelaskan, seluruhnya akan mendapat pemberitahuan melalui pesan layanan singkat (SMS), beberapa hari sebelum pelaksanaan. Setelah itu, setiap calon penerima juga diminta memilih tempat, apakah akan disuntik vaksin di Puskesmas terdekat atau di RSUD Karangasem di Amlapura.

Sedangkan bagi warga masyarakat yang tidak punya HP dan tidak bida menerima SMS tetapi punya E-KTP, akan dilakukan pendataan oleh petugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas ke rumah mereka masing-masing, ucapnya.

Terhadap masyarakat yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19, kata Kadis Pertama, nantinya akan menerima surat keterangan telah divaksinasi, dan surat tersebut bisa digunakan untuk berpergian ke luar daerah tanpa perlu melakukan test Swab dan test yang lainnya.

Menyinggung tempat penyimpanan vaksin Covid-19, Kadis Pertama mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sebuah gudang farmasi di Amlapura, ibu kota Kabupaten Karangasem.

“Kami sudah siapkan satu gudang farmasi di Amlapura, setelah itu baru dikirim ke 13 tempat vaksinasi yang tersebar di Kabupaten Karangasem,” ujarnya, menjelaskan. (LE-Jun)

Lenteraesai.id