HeadlinesKarangasem

Melambung Tinggi, Harga Cabai di Karangasem Capai Rp 80 Ribu Per Kilogram

Karangasem, LenteraEsai.id – Harga cabai rawit merah di Kabupaten Karangasem kembali melambung tinggi di awal tahun baru ini. Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang pedagang di Pasar Amlapura Timur asal Desa Timbrah, Karangasem yang menjual bumbu dapur dan sembako, yakni Ni Nyoman Karmini, pada Rabu (6/1/2021).

“Harga cabai rawit merah sekarang Rp 80 ribu per kg yang awalnya Rp 40 ribu per kg,” ujarnya.

Harga cabai rawit merah yang mengalami kenaikan cukup signifikan tersebut dikarenakan pasokan dari para petani berkurang karena mengalami gagal panen akibat cuaca buruk akhir-akhir ini.

Karmini menambahkan, saat ini hanya harga cabai rawit merah saja yang mengalami kenaikan yang cukup signifikan sedangkan untuk bumbu-bumbu dapur yang lainnya seperti bawang merah, bawang putih dan lain sebagainya harganya masih relatif stabil.

Senada dengan Karmini, pedagang bumbu dan sembako lainnya yang berasal dari Desa Pidpid, Kecamatan Abang, Ni Kadek Suarti juga mengatakan hal yang sama.

“Melambungnya harga cabai rawit merah ini, dipicu karena petani di Jawa dan Lombok banyak yang mengalami gagal panen akibat cuaca buruk,” ungkapnya.

Karena selama ini, lanjutnya, selain pasokan dari petani lokal para pedagang di pasar Amlapura Timur juga mengandalkan pasokan cabai dari pengepul asal Jawa Timur dan Lombok. (LE-Jun)

Lenteraesai.id