HeadlinesTabanan

Viral! Celuluk Dihukum Push Up karena Tak Pakai Masker

Tabanan, LenteraEsai.id – Polres Tabanan melakukan berbagai upaya dalam mengedukasi masyarakat untuk mampu mentaati protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona. Salah satunya, dengan membuat video protokol kesehatan yang berkearifan lokal.

Dalam video pendek yang dibuat dengan mengambil lokasi di kawasan wisata Tanah Lot Tabanan, digambarkan sesosok Celuluk yang ambil bagian dalam kisah yang ditampilkan. Celuluk, adalah makhluk atau sejenis patung menyeramkan yang sering ditampilkan dalam pertunjukan seni Calonarang.

Seperti tampak dalam tayangan video, sesosok Celuluk melintas di kawasan wisata Tanah Tot. Namun karena tertangkap basah tidak memakai masker, Tim Yustisi Polres Tabanan menghadang si Celuluk, sembari langsung menjatuhkan hukuman fisik berupa squat jump dan push up.

Usai menjalani hukuman fisik, anggota Tim Yustisi Polres Tabanan, yakni Bhabinkamtibmas Desa Buwit Bripka Dwi Somadi Putra SH, menyerahkan sebuah masker kepada si Celuluk sebagai upaya pembinaan.

Kapolsek Kediri Kompol I Gusti Nyoman Wintara SH seizin Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy PS Siregar SIK MH, ketika dihubungi Sabtu (31/10) mengatakan, hal tersebut dilakukan pihaknya untuk tujuan mengedukasi masyarakat melalui unsur kesenian tradisional Bali.

“Tentunya melalui model itu kami harapkan dapat lebih memikat perhatian warga masyarakat, untuk nantinya dapat lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, bahkan memutus mata rantai penularan virus tersebut,” kata Kapolsek Kediri, menjelaskan.  (LE-TB)

Lenteraesai.id