judul gambar
DenpasarHeadlines

Ny Selly Mantra Buka Webinar Inovasi Desain Kemasan Produk Lokal Menembus Pasar Digital

Denpasar , LenteraEsai.id – Pengemasan barang memegang peranan yang besar dan penting dalam keberhasilan suatu produk. Produk-produk yang dihasilkan masih banyak yang belum memperhatikan ketentuan yang ada dalam pengemasan, sehingga produk yang dihasilkan masih lemah daya saing untuk menembus pasar global.

Ketua Dekranasda Kota Denpasar Ny IA Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan hal itu saat membuka webinar Inovasi Desain Kemasan Produk Lokal Menembus Pasar Digital, di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang Denpasar, Jumat (23/10).

Lebih lanjut dikatakan, kemasan merupakan ‘pemicu’ karena kemasan langsung berhadapan dengan konsumen. Sehubungan dengan itu, kemasan harus dapat mempengaruhi konsumen untuk memberikan respon positif, dalam hal ini membeli produk karena tujuan akhir dari pengemasan adalah untuk menciptakan penjualan.

Selain itu kemasan juga berfungsi sebagai identitas produk, menambah daya tarik bagi pembeli, sarana promosi bagi konsumen, alat informasi dan komunikasi sehingga mampu berdaya jual tinggi dan meningkatkan daya saing produk.

Kemasan yang baik dan menarik tidak selalu identik dengan harga kemasan yang mahal. Dengan bahan pengemasan yang biasa-biasa saja asalkan dirancang sedemikian rupa baik bentuk maupun desain labelnya, pastilah akan tercipta sebuah kemasan yang tidak kalah bersaing dengan kemasan-kemasan modern.

“Apalagi di era digitalisasi seperti sekarang ini cara yang dapat diambil pemasar yaitu dengan memanfaatkan internet (IT) dalam proses produksi kemasan, dan mempromosikan produk melalui sosial media seperti FaceBook dan Instargram, itu sangat cepat di masa saat ini,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Disperindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utarai menjelaskan, pihak Disperindag Kota Denpasar terus mendorong para pelaku UKM melalui UPTD Layanan Desain Denpasar untuk memperbaiki dan mempercantik desain kemasan dari produk mereka, karena masih banyak produk dari UKM yang kurang memperhatikan kemasan, dan tentunya kemasan harus ramah lingkungan.

Untuk itu, kali ini dilaksanakan webinar Inovasi Desain Kemasan Produk Lokal Menembus Pasar Digital dengan menghadirkan dua pembicara yakni Ni Wayan Sri Sutari SP MP yang merupakan dosen Fakultas Pertanian, Universitas Udayana dan I Komang Angga Maha Putra Ssos MSn, dosen desain Komunikasi Visual, Institut Desain dan Bisnis Bali.

“Webinar ini merupakan kerja sama Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan Institut Desain dan Bisnis Bali serta Universitas Udayana. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan sudut pandang baru maupun model desain kemasan yang akan memicu munculnya ide-ide yang kreatif dari IKM dan pelaku usaha Kota Denpasar yang nantinya dapat menjadi trend tersendiri di masyarakat tanpa meninggalkan keunikan dan budaya lokal kita,” ujarnya, menjelaskan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id