judul gambar
AdvertorialHeadlinesKlungkung

Bupati Suwirta Hadiri Acara Ngaben Massal di Kecamatan Nusa Penida

Klungkung, LenteraEsai.id – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra dalam menghadiri sejumlah persiapan upacara Ngaben Massal yang dilaksanakan masyarakat di kecamatan Nusa Penida.

” Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan ngaben telah dilakukan secara massal dan bersama-sama dan sekaligus akan dapat meringankan biaya dan beban pekerjaan karena dilakukan secara gotong royong, ” kata Bupati Suwirta di sela-sela acara tersebut.

Menurut Bupati Suwirta , Ngaben sebagai salah satu upacara Pitra Yadnya dan rangkaiannya bagi arwah leluhur merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Hindu di Bali sebagai bentuk bakti, penghormatan dan membayar hutang sebagai anak yang telah dibesarkan oleh para leluhur sesuai ajaran Tri Rna.

Ketua panitia Ngaben Banjar Adat Pejukutan Desa Pejukutan, Ketua Panitia Karya Ngaben Massal Kadek Sunaya menyatakan ngaben massal di Banjar Pejukutan diadakan setiap 5 tahun sekali, dengan jumlah sawa dalam karya ngaben massal ini yakni, 53 sawa dewasa, dan 70 sawa anak-anak dengan dikenai biaya persawa 12 juta rupiah. Dengan kurang lebih 37 KK yang mengikuti upacara Ngaben Massal ini. Dengan krama Banjar berjumlah kurang lebih 100 KK.

Selain didesa Pejukutan, Bupati suwirta juga menghadiri beberapa tempat pelaksanaan persiapan Upacara Ngaben yang dilaksanakan Di Banjar Sental Kawan dan Banjar Serangen Desa Ped, dan banjar Bucang Desa Sakti. (LE – KL1)

Lenteraesai.id