judul gambar
AdvertorialHeadlinesKarangasem

Peletakan Batu Pertama SMA Negeri 1 Abang, Gede Dana Apresiasi Langkah Cepat Gubernur Bali

Karangasem, LenteraEsai.id – Kecamatan Abang akhirnya memiliki sekolah menengah atas (SMA) negeri setelah sebelumnya banyak siswa kebingungan mencari sekolah negeri lantaran terkendala sistem sonasi yang diberlakukan sejak tahun 2018 lalu.

Pembangunan gedung SMA Negeri 1 Abang ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan langsung oleh Gubernur Bali I Wayan Koster didampingi Wagub Bali Cok Ace, Sekda Bali Dewa Made Indra, Wabup Kabupaten Karangasem Artha Dipa dan Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana pada Sabtu, 8 Agustus 2020.

Pembangunan gedung dengan anggaran sebesar Rp 12 miliar tersebut berlokasi di Lingkungan Poh Santen, Desa Tista, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, memiliki rancangan tiga lantai dibangun di atas lahan milik Pemprov Bali, dan ditargetkan rampung dikerjakan pada Desember 2020 mendatang.

Selama ini di wilayah Kecamatan Abang belum memiliki SMA negeri, karena yang ada baru SMKN dan SMA suasta saja, sehingga banyak orang tua siswa kebingunan untuk mencari SMA negeri saat putra dan putrinya lulus SMP.

Gubernur Bali Wayan Koster pada kesempatan tersebut megatakan sangat bersyukur dengan bisa dibangunnya gedung SMA Negeri 1 Abang, meski dengan keterbatasan angaran karena dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Dengan selesainya pembangunan sekolah di akhir tahun nanti, penerimaan peserta didik pada tahun ajaran baru 2021 tidak lagi mengalami kesulitan seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Wayan Koster, menandaskan.

Sementara itu, Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana dalam kesempatan tersebut mengatakan, semoga dengan didirikannya SMA negeri di wilayah Kecamatan Abang ini, anak-anak didik menjadi tambah bersemangat untuk melanjutkan sekolah dengan jarak tempuh yang cukup dekat.

Sebelumnya banyak keluhan masyarakat tentang sulitnya mencari sekolah SMA negeri di wilayah Kecamatan Abang, terlebih dengan berlakunya sistem sonasi bagi para calon siswa.

Ia sangat mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Gubernur Bali dengan membangun SMA Negeri 1 Abang. Sebagai wakil masyarakat Abang, Gede Dana mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Koster yang sudah dengan cepat mengakomodir aspirasi masyarakat Abang.

“Jadi dengan dibangunnya SMA Negeri 1 Abang, anak-anak ke depannya sudah tidak sulit lagi untuk melanjutkan sekolah begitu lulus sekolah menengah pertama,” kata Gede Dana, dengan mimik wajah menyiratkan rasa bangga.  (LE-KR6-1)

Lenteraesai.id