HeadlinesNasional

Gempa Guncang Selatan Jawa, Dirasakan Sampai Yogyakarta

Yogyakarta, LenteraEsai.id – Gempa tektonik mengguncang wilayah selatan Jawa pada hari Senin tanggal 22 Juni 2020 pukul 02.33.08 WIB. Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,1.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui rilis pada media menyebutkan, episenter terletak pada koordinat 8.98 LS dan 110.85 BT tepatnya di laut pada jarak 91 km arah selatan Kota Pacitan pada kedalaman 93 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya deformasi batuan pada slab lempeng Indo-Australia tersubduksi,” ujar Daryono.

Dikatakannya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault). Mekanisme penyesaran turun ini dipicu oleh bekerjanya gaya ekstensional berupa tarikan lempeng ke arah bawah akibat gaya gravitasi (slab pull mechanism).

Guncangan akibat gempa ini dirasakan di Yogyakarta, Bantul, Maguwoharjo-Sleman, Wonogiri,Tulungagung, Karangkates dan Pacitan dalam skala inensitas III MMI. Sementara guncangan juga dirasakan di Nganjuk, Trenggalek, Purworejo, Ponorogo, Banjarnegara, Purwokerto, Klaten dan Sukoharjo dalam skala intensitas II MMMMI. (LE-JJ)

Lenteraesai.id