judul gambar
HeadlinesNasional

Gempa M 4,8 Akibatkan Ruko dan Rumah Warga Rusak

Aceh, LenteraEsai.id – Gempa berkekuatan M=4,8 yang terjadi di Aceh pada Kamis (4/6) pagi, mengakibatkan sejumlah kerusakan ringan hingga berat pada sejumlah bangunan fisik.

Tidak dilaporkan ada korban jiwa akibat gempa tersebut, sementara pihak BPBD Kota Sabang mencatat 1 unit ruko dan Kantor Mukim rusak berat, 4 unit ruko lain rusak sedang dan ringan, serta 2 unit rumah dan 1 gedung TPI rusak sedang. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Sabang bertindak cepat dalam penanganan darurat, termasuk pendataan dampak gempa. Pemerintah daerah yang dipimpin langsung Wali kota Sabang juga turun ke  lapangan untuk memantau situasi. 

Gempa dirasakan masyarakat di Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar.  Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat, yakni guncangan yang dirasakan di Sabang sebesar III MMI serta Banda Aceh dan Aceh Besar pada II MMI.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan kerusakan di Sabang untuk  sementara mencatat berupa kerusakan rumah di daerah Kelurahan Paya, Kecamatan Sukajaya, Sabang. 

Gempa bumi yang terjadi pada pukul 05.31 WIB di wilayah Aceh dan Sabang tersebut berada pada koordinat 5,50 LU dan 95,33 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km tenggara Banda Aceh pada kedalaman 10 km.

BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh pada informasi palsu. Pastikan sumber informasi dari institusi resmi seperti BNPB, BMKG dan Badan Penanggulangan Bencana Aceh atau Daerah.  (LE-AC)

Lenteraesai.id