judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Hadapi Bahaya Kanker, Gianyar Gelar ‘World Cancer Day 2020’

Gianyar, LenteraEsai.id – I am and I will (saya adalah dan saya akan). Jargon ini selalu didengungkan pada penanganan kanker di Indonesia. Kata- kata yang seperti sederhana, namun mengandung makna yang luas, mengandung ajakan pada setiap orang menjalankan perannya masing-masing untuk mengurangi beban akibat penyakit kanker.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Gianyar I Wayan Suardana, mengatakan hal itu saat membacakan sambutan Bupati Gianyar pada acara World Cancer Day 2020 di Kabupten Gianyar, di areal CFD Taman Kota Gianyar , Minggu (15/3) pagi.

Berbicara masalah kanker, Wayan Suardana menyebutkan, tidak hanya sebatas pada mengobati pasien kanker semata, namun lebih pada bagaimana mengedukasi tentang bahaya kanker di masyarakat, deteksi dini serta dukungan kepada pasien kanker.

“Bagaimana kita bisa berbuat dan melakukan apa untuk penanganan masalah kanker. Kita rangkul penderita, jangan dikucilkan karena kasih sayang dan perhatian adalah salah satu obat yang mujarab bagi kesembuhan suatu penyakit,” tegas Wayan Suardana.

Jumlah penderita kanker serviks dan payudara di YKI Cabang Gianyar saat ini tercatat sebanyak 96 kasus dan semuanya dalam pemantauan dinas/instansi terkait. Bahkan saat ini penderita kanker dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih memadai dengan terwujudnya mekanisme sistem rujukan mulai dari puskesmas ke pusat rujukan yang lebih tinggi.

Bahkan saat ini juga puskesmas yang ada di Kabupaten Gianyar telah dilengkapi alat kesehatan yang sesuai dan tenaga medis yang terlatih di bidangnya.

“Kami juga tugaskan kepada Dinas Kesehatan untuk selalu memonitoring dan mengevaluasi kegiatan ini, sehingga dapat dirasakan memberikan perlindungan khususnya bagi masyarakat penderita kanker di Kabupaten Gianyar,” kata Wayan Suardana.

Penanganan masalah kanker di Kabupaten Gianyar bukanlah suatu yang instan dan bersifat insidentif, namun secara berkelanjutan, bersinergi dengan dinas/instansi terkait. Seperti terlihat pada program-program Dinas Kesehatan, YKI Cabang Gianyar maupun di PKK melalui 10 Program Pokok PKK nya.

Penyuluhan akan bahaya kanker rutin diberikan hingga ke tingkat banjar, maupun sekolah-sekolah, pemeriksaan IVA test , pap smear, hingga pemberian vaksinasi HPV gratis bagi siswi SMP dan SMA di Kabupaten Gianyar. Bahkan Ketua TP.PKK Kab Gianyar yang sekaligus Ketua YKI Cabang Gianyar Ny Surya Adnyani Mahyastra secara rutin menyambangi rumah penderita kanker untuk memberikan bantuan sekaligus mensupport penderita dan keluarga agar mereka tetap kuat dan tabah.

Wayan Suardana menambahkan, upaya penanganan kanker juga harus didukung dengan pola hidup sehat dan bersih. Uapayakan selalu menjaga kesehatan lingkngan dan diri sendiri dengan cek kesehatan secara berkala, tidak merokok, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi dan olahraga yang cukup.

Pada peringatan World Cancer Day 2020 ditandai dengan pelepasan burung oleh Asisten Wayan Suardana, bersama kepala OPD di Kabupaten Gianyar, dan Wakil Ketua 2 TP PKK Kab Gianyar Ny Dwikorawati Wisnu Wijaya.

Pelepasan burung menandai bahwa kita tidak boleh takut menghadapi penyakit kanker, kita semua bisa dan bersama-sama menghadapinya. Pada kesempatan itu juga diserahkan bingkisan pada 10 orang penyintas kanker yang telah berhasil sembuh melawan penyakit kanker yang dideritanya. (LE-GA1)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id