judul gambar
BulelengHeadlines

Mang Dauh Berbagi Sembako di Hari Tumpek Klulut di Desa Selat Buleleng

Buleleng, LenteraEsai.id – Seiring berjalannya waktu, Nyoman Arya Astawa yang sudah menyatakan diri siap untuk mengikuti perhelatan Pilkada Buleleng 2024, secara terus-menerus terlihat melakukan kegiatan sosial di sejumlah lokasi di Kabupaten Buleleng, Bali bagian utara.

Setelah sebelumnya mengunjungi sejumlah panti asuhan, kali ini bertepatan dengan Tumpek Klulut pada Sabtu, 13 April 2024 yang diyakini sebagai hari kasih sayang atau valentine day ala Bali, calon ‘penggede’ di Bumi Panji Sakti itu melakukan bakti sosial di Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Jubelan warga Desa Selat tampak sumeringah menerima kehadiran tokoh masyarakat yang ‘kasub’ dengan sebutan Mang Dauh itu. Kehadirannya di desa tersebut, dikawal oleh tokoh masyarakat Putu Mangku Budiasa. “Sebagai warga, saya mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Jro Mang Dauh yang sudah love and care kepada warga kami,” ujar Mangku Budiasa.

“Semoga beliau diberkati kerahayuan oleh Ida Sang Hyang Parama Kawi. Sepengetahuan saya pribadi, hal semacam ini sudah dilakoni oleh Jro Mang Dauh sejak 15 tahun yang lalu, karena kasih sayangnya kepada sesama. Jadi bukan kali ini saja,” ujar Mangku Budiasa di sela-sela acara bakti sosial di Desa Selat.

Pada kesempatan itu dibagikan sebanyak 120 paket sembako kepada warga yang berhak menerima, terutama mereka yang tergolong kurang mampu dan penduduk yang telah lanjut usia (lansia).

“Melalui kesempatan yang berbahagia, di hari kasih sayang Tumpek Klulut ini, izinkan tiyang untuk sekedar berbagi atas titipan Ida Sang Hyang Maha Pemurah, semoga berkenan dan kita semua ada dalam keadaan sehat lahir bathin,” kata Mang Dauh, menyampaikan.

Salah seorang warga Desa Selat mengaku terharu bercampur bahagia atas kedatangan tokoh masyarakat Buleleng tersebut yang menurutnya manusia langka, karena sudah puluhan tahun mengetahui nama Mang Dauh namun baru kali ini mengenal wajah aslinya. Namun ketika didekati oleh pewarta LenteraEsai, yang bersangkutan enggan untuk ditulis namanya.

Dalam wawancara di akhir acara, Nyoman Arya Astawa menyatakan kebulatan tekadnya untuk maju mengikuti Pilkada Buleleng 2024 yang dijadwalkan terselenggara pada 27 November 2024 mendatang. “Untuk sementara tiyang mengikuti proses dulu di DPC PDI Buleleng, mohon doa dan restunya,” ucapnya, singkat.

“Pokokne maju, dari dulu sudah berbuat banyak untuk teman-teman dan bahkan masyarakat di sejumlah daerah,” celetuk Mangku Budiasa sambil beranjak bersama Mang Dauh meninggalkan lokasi kegiatan.

Pewarta: Anom Wijaya
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id