judul gambar
HeadlinesKlungkung

Pj Bupati Klungkung Hadiri Buka Puasa Bersama di Kampung Muslim Tertua di Bali

Klungkung, LenteraEsai.id – Penjabat (Pj) Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika bersama Pj Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny Jendrika menghadiri undangan berbuka puasa bersama masyarakat muslim di kampung muslim tertua di Bali, bertempat di Masjid Nurul Huda, Kampung Gelgel, Kecamatan dan Kabupaten Klungkung, Minggu (31/3/2024) petang.

Kampung Gelgel merupakan pemukiman muslim tertua di Bali, sejarahnya sudah ada sejak Kerajaan Gelgel ‘jumeneng’ sekitar abad ke-14. Warga muslim di Kampung Gelgel sudah sejak dahulu hidup berdampingan secara harmonis bersama masyarakat Desa Adat Gelgel yang mayoritas beragama Hindu. Bahkan hubungan kekeluargaan antara Kampung Gelgel dengan Kerajaan Puri Klungkung juga tetap terjalin harmonis karena memiliki ikatan sejarah.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika menyampaikan kepada masyarakat di Kampung Gelgel supaya tetap menjaga kebersamaan, keharmonisan dan silahturahmi yang sudah terjalin sejak dahulu.

“Jaga kebersamaan dan keharmonisan yang sudah terjalin sejak dahulu, sehingga dapat menjadi contoh bagi umat beragama untuk membangun rasa cinta kasih antarsesama,” ujar Pj Bupati Jendrika, menandaskan.

Pj Bupati Jendrika juga mengharapkan kepada masyarakat muslim agar  Bulan Puasa dapat digunakan sebagai sarana dalam melakukan introspeksi diri, dan tetap tumbuhkan semangat, spirit untuk tetap mengedepankan kebersamaan dan keharmonisan antarumat beragama.

Selain itu, Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika yang mewakili pemerintah dan masyarakat Klungkung, juga mengucapkan Marhabban ya Ramadhan, selamat menjalankan Ibadah Puasa 1445 H/2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ida Dalem Semaraputra beserta istri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Klungkung, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klungkung, Camat Klungkung I Putu Arnawa dan undangan terkait lainnya.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id