judul gambar
BulelengHeadlines

Ratusan Siswa Calon Paskibraka di Buleleng Ikuti Test Wawasan Kebangsaan

Buleleng, LenteraEsai.id – Test wawasan kebangsaan adalah salah satu aspek penting dalam menilai kelolosan peserta seleksi Paskibraka di Kabupaten Buleleng menuju tahap selanjutnya. Di mana dalam tes ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan mengambil soal-soal dari Bank Soal yang disediakan secara online oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Pusat.

Tak tanggung-tanggung sebanyak 238 siswa-siswi dari seluruh SMA/SMK dan Madrasah se-Buleleng yang sudah lolos administrasi mengambil bagian mengikuti test yang berlangsung selama 2 hari pada 13-14 Maret 2024 di SMK Negeri 2 Singaraja itu. Di mana jumlah ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Komang Kappa Tri Aryandono ditemui di sela pemantauan seleksi wawasan kebangsaan mengatakan bahwa ada peningkatan signifikan jumlah peserta seleksi tahun ini, yakni dua kali lipat. Hal itu didasari juga dari juknis BPIP Pusat sehingga sangat transparan dan langsung kelihatan hasilnya.

“Tidak seperti sebelumnya yang menggunakan sistem manual, kini karena sudah diatur pusat jadi sudah ditentukan nilai passing grade di atas 70% dipastikan lulus ke tahap selanjutnya dan seluruh sekolah boleh mengikutinya,” ucapnya.

Kaban Kappa menyebutkan bahwa Pemkab Buleleng pada tahun ini menargetkan 70 peserta anggota Paskibraka. Di mana setelah tahapan seleksi wawasan kebangsaan pada hari ini akan dilanjutkan tes wawasan intelejensi, kesehatan, parade, PBB dan terakhir tes kepribadian minat dan bakat sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Semangat membara dikemukakan oleh salah satu peserta seleksi dari SMA Negeri 2 Busungbiu Anak Agung Gede Wira Putra. Ia mengaku sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari karena tekadnya yang sangat ingin menjadi anggota Paskibraka.

“Saya terus berlatih di sekolah, baik untuk baris-berbaris maupun dalam mempersiapkan soal untuk tes hari ini. Saya yakin bisa menjadi anggota  Paskibraka,” ucapnya, penuh optimis.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id