judul gambar
Klungkung

Ayah-Anak Lolos DPRD Klungkung dari Satu Dapil

Klungkung, LenteraEsai.id – Ayah dan anak diprediksi sama-sama lolos dalam perebutan kursi DPRD Klungkung dari Dapil Kecamatan Nusa Penida. Mereka adalah I Wayan Baru yang notabene Ketua DPC Gerindra Klungkung dan anaknya I Ketut Dadi yang merupakan anak keempat dari Wayan Baru.

Dalam penghitungan mandiri oleh Partai Gerindra pada Pileg DPRD Klungkung 2024, Wayan Baru berhasil meraih 5.977 suara dan anaknya yang merupakan pria kelahiran 12 Maret 2001 ini berhasil meraih 2.373 suara. Sehingga bisa dikatakan Ketut Dadi bisa menjadi anggota DPRD Klungkung termuda berusia 23 tahun masa bakti 2024-2029.

Ketut Dadi selama ini tidak pernah masuk ke dalam peta perpolitikan, dia baru pertama kali mengikuti Pileg di 2024 dengan Dapil yang sama dengan sang ayah, yakni Dapil Nusa Penida. Dadi pun tidak mendapatkan nomor istimewa, dia berada di nomor urut 6. Dengan perolehan suara mencapai 2.373 suara, Dadi berada pada urutan ketiga perolehan suara terbanyak Gerindra di Kecamatan Nusa Penida setelah I Wayan Suarta 4.159.

Sementara incumbent Gerindra Dapil Nusa Penida, I Ketut Gunaksa berada di posisi keempat di belakang Ketut Dadi dengan perolehan suara 1.975 suara. Namun, kursi untuk Ketut Gunaksa masih menunggu perolehan suara partai lainnya untuk mendapatkan kursi keempat untuk Partai Gerindra. Kehadiran Ketut Dadi dalam kancah politik di Klungkung tidak terlepas dari strategi ayahnya I Wayan Baru.

Meski suara Wayan Baru menurun dari 7.162 di Pileg DPRD 2019 sekarang menjadi 5.975, namun di balik penurunan suaranya ini, Wayan Baru mampu membawa anaknya untuk ikut berkantor di DPRD Klungkung. Wayan Baru kemungkinan besar mengalihkan suara massanya ke Ketut Dadi. Jika digabungkan suara Wayan Baru dan Ketut Dadi pada Pileg 2024 ini suara keduanya telah mencapai 8.348 suara.

Dadi mengatakan selama masa kampanye dia bersama ayahnya intens turun ke masyarakat melakukan pendekatan. Hal itulah yang menjadi kunci sehingga Ketut Dadi mudah menyentuh hati masyarakat.  “Kita melakukan pendekatan terhadap masyarakat dan menyerap aspirasi,” ujar Dadi. Mendapatkan kepastian maju ke DPRD Klungkung, Ketut Dadi yang memiliki hobi fitness ini mengaku harus belajar banyak kepada ayahnya Wayan Baru. Dia mengaku akan mengikuti jejak sang ayah Wayan Baru untuk senantiasa turun ke masyarakat menyerap aspirasi.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan
Lenteraesai.id