judul gambar
BadungPendidikan

Prodi Teknik Pertanian dan Biosistem Unud Gelar Kuliah Umum

Jimbaran, LenteraEsai.id – Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem telah melaksanakan Kuliah Umum yang bertempat di Aula Perpustakaan, Perpustakaan Pusat Universitas Udayana. Dosen tamu yang diundang kali ini yaitu Hanggar Ganara Mawandha yang merupakan dosen PS TPB Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Kuliah umum ini diikuti terutama oleh mahasiswa PS TPB FTP Unud angkatan 2023, 2022, dan dosen PS TPB FTP Unud.

Dosen tamu menyampaikan materi berjudul ‘Aplikasi Teknologi Remote Sensing untuk Mitigasi Bencana Hidrometeorologi sebagai Penunjang Kegiatan Pertanian Berkelanjutan’. Materi yang disampaikan mencakup perubahan iklim yang terjadi, pentingnya teknologi remote sensing, upaya memanfaatkan teknologi remote sensing yang sudah ada di angkasa maupun i darat, persamaan-persamaan empiris untuk menduga hujan. Sampai saat ini kemampuan menduga kemungkinan hujan masih terbatas untuk beberapa jam. Kemampuan pendugaan ini terus ditingkatkan sampai mencapai beberapa hari atau 1 minggu ke depan.

Materi ini merupakan pengayaan materi yang diberikan di Mata Kuliah Penginderaan Jarak Jauh, Sistem Informasi Geografis, Hidrologi dan Klimatologi yang ditawarkan di PS TPB FTP Unud. Mahasiswa PS TPB FTP Unud menyambut kegiatan ini dengan antusias. Selama diskusi setelah pemaparan materi banyak mahasiswa mengajukan pertanyaan untuk pendalaman materi kuliah umum.

Mahasiswa menanyakan tentang teknologi remote sensing, tingkat validitas pendugaan, penjelasan lebih mendalam dalam penerapan persamaan empiris. Materi pendugaan bencana hidrometeorologi melalui teknologi radar dan citra satelit memberikan pengalaman belajar yang baru bagi mahasiswa sehingga di masa depan terdapat kerjasama penelitian baik penelitian mahasiswa dan dosen yang berhubungan dengan aplikasi teknologi ini.

Pewarta: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id