judul gambar
Pendidikan

Sambut World Kidney Day, RS Unud Edukasi Tentang Kesehatan Ginjal

Jimbaran, LenteraEsai.id – Dalam rangka menyambut World Kidney Day atau Hari Ginjal Sedunia 2023 yang jatuh pada tanggal 9 Maret 2023, Rumah Sakit Universitas Udayana (RS Unud) menyelenggarakan kegiatan penyuluhan di Gedung 5 Intaslasi Hemodialisa RS Unud di Bukit Jimbaran, Badung, Selasa (7/3/2023).

Kegiatan penyuluhan tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu penyuluhan bagi pendamping pasien dan perawat bidan, serta kegiatan edukasi pada pasien yang sedang menjalani terapi hemodialisis di ruangan RS Unud.

Plt Direktur Utama RS Unud dr I Wayan Arya Biantara SpAn(KIC) yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi perayaan WKD 2023 yang telah diselenggarakan. Ia menyampaikan penyuluhan ini bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan ginjal dan mempertahankan kondisi pasien yang menjalani HD.

Kepala Bidang Keperawatan RS Unud, Ns Anak Agung Pramana Putra SKep juga menyatakan mendukung kegiatan yang diikuti perawat dan bidan ini sebagai fasilitas meningkatkan pemahaman mengenai kebutuhan pasien dengan gangguan ginjal.

Dalam penyampaian materinya, dr Ni Wayan Anantika Riani MBiomed SpPD, selaku Kepala Instalasi Hemodialisis menyampaikan materi meliputi diet pada pasien hemodialisis hingga tips menjaga asupan makanan pada pasien terapi pengganti ginjal. Selain memberikan edukasi bagi pasien yang menjalani hemodialisis, dr Anantika juga menyampaikan pesan bagi pendamping pasien yang hadir pada penyuluhan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan ginjal.

Ns Ni Putu Arysta Kusuma Dewi selaku Kepala Instalasi Humas dan Pemasaran menyampaikan dukungan penuh untuk kegiatan penyuluhan dan pemberian edukasi ini sebagai bagian dari kegiatan PKRS RS Unud. (LE-001)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id