judul gambar
AdvertorialHeadlinesKarangasem

Presiden Jokowi Akan Resmikan Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih

Besakih, LenteraEsai.id – Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur pada Senin (Soma Pon, Matal), 13 Maret 2023.

Pada acara peresmian tersebut, Presiden Jokowi diagendakan melakukan penandatanganan Prasasti di depan bangunan Candi Bentar Margi Agung, dilanjutkan meninjau langsung fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih yang telah rampung dibangun. Sementara upacara ‘Pemelaspasan’ telah dilaksanakan pada rahina Purnama Kasanga, Senin (Soma Umanis, Medangkungan) 6 Maret 2023 lalu.

Gubernur Bali Wayan Koster bersama Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dan Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, pada Sabtu (Saniscara Umanis, Medangkungan) 11 Maret 2023, melakukan pengecekan persiapan kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Pura Agung Besakih.

Sesuai rencana, Gubernur Koster akan melakukan penyambutan secara meriah atas kedatangan Presiden, mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Kuta, Kabupaten Badung hingga menuju Kawasan Suci Pura Agung Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem.

Ribuan warga masyarakat Karangasem dijadwalkan menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Besakih, juga bersama masyarakat Klungkung akan menyambut di sepanjang jalan yang dilintasi oleh RI-1 dan rombongan.

“Astungkara, berkat restu Ida Bhatara Lingsir di Pura Agung Besakih dan restu alam se-Bali, Bapak Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo akan berkenan meresmikan langsung fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih,” kata Gubernur Bali Wayan Koster di sela-sela kesibukannya mempersiapkan penyambutan kedatangan Presiden dan rombongan di Pura Agung Besakih.

Murdaning Jagat Bali asal Desa Sembiran, Kabupaten Buleleng itu tak lupa mengajak seluruh warga masyarakat Bali untuk turut mendoakan agar acara peresmian fasilitas yang bersejarah bagi Peradaban Tatanan Kawasan Suci Pura Agung Besakih pada Bali Era Baru tersebut, dapat berjalan dengan tertib, lancar dan sukses.

Terwujudnya sejumlah fasilitas di Kawasan Suci Pura Agung Besakih, merupakan program prioritas Gubernur Bali Wayan Koster yang dilaksanakan dengan fokus, tulus, dan lurus sebagai implementasi visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Total anggaran pembangunan fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih sampai tahun 2023 ini, dilaporkan sebanyak Rp911 miliar yang bersumber dari APBN Kementerian PUPR sebesar Rp428 miliar, dan dari APBD Semesta Berencana Provinsi Bali Rp483 miliar. Sejumlah bangunan fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih, hadir untuk menjawab salah satu Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru. (LE-DP1)

Lenteraesai.id