judul gambar
BulelengHeadlines

Mengagetkan, Warga Tianyar Masuk Warung Obrak-abrik Sesajen di Pelangkiran

Buleleng, LenteraEsai.id – Ledeh (25), penduduk Dusun Buluh Winangun, Desa Tianyar, Kabupaten Karangasem, tiba-tiba masuk ke dalam sebuah warung dan langsung menyalakan lampu pada hari masih gelap, Kamis (22/9) sekitar pukul 03.00 Wita.

Tiba di warung yang sebelumnya memang lampunya dimatikan oleh pemiliknya, Ledeh berlaku aneh dengan mengobrak-abrik sesajen di pelangkiran, yang merupakan tempat ritual canang, sesajen dan bebantenan lain di warung tersebut.

Ledeh dilaporkan masuk ke warung milik I Gede Wijaya (55) yang beralamat di Desa Sambirenteng, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, yang letaknya tidak jauh dengan perbatasan daerah Kabupaten Karangasem.

Dini hari itu, saat pemilik warung melakukan pengecekan, melihat lampu warung menyala. Begitu melongok ke dalam, melihat seseorang berada di dalam warung sambil minum kopi, sehingga membuat pemilik warung merasa terganggu dan ketakutan.

Sehubungan dengan itu, pemilik warung datang melapor kepada Kasi Trantib Satpol PP Buleleng, I Ketur Mastrika, yang kemudian meneruskannya kepada Bhabinkamtibmas Desa Sambirenteng yang lokasinya berbatasan dengan daerah Tianyar, Kabupaten Karangasem.

Selanjutnya komponen yang ada dalam Forum Sipandu Beradat melakukan pertemuan untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, sehingga pada Kamis (22/9) pukul 09.00 Wita, kedua belah pihak dipertemukan di ruang SPKT Polsek Tejakula, Buleleng.

Dari pertemuan tersebut akhirnya diketahui bahwa orang yang bernama Ledeh, mengalami gangguan jiwa. Hal tersebut disampaikan salah seorang anggota keluarga Ledeh yang bernama Ketut Karpa.

Pada pertemuan yang dilaksanakan Forum Sipandu Beradat pagi itu, tampak dihadiri tokoh adat Sambirenteng I Ketut Mastrika, Kepala Desa Sambirenteng yang diwakili Kadus Silagding Ketut Surata, dan petugas Bhabinkamtibmas Aiptu Wayan Darmawan.

Akhirnya pemilik warung menyadari bahwa kejadian tersebut dilakukan seseorang yang diduga kuat mengalami gangguan jiwa, sehingga tidak mempermasalahkan dan meminta dapat diselesaikan melalui Forum Sipandu Beradat.

Karena tidak lagi dipermasalahkan oleh pemilik warung, akhirnya Ledeh diantar langsung oleh Aiptu Wayan Darmawan dan Brigadir Gede Herry kepada pihak keluarganya di Dusun Buluh Winangun, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem dan diterima langsung pamannya yang bernama Nyoman Mangku Sari.

Di sisi lain, Kapolsek Tejakula AKP Ida Bagus Astawa SH menyampaikan, karena Ledeh diduga mengalami gangguan jiwa, maka Polsek Tejakula memberikan pelayanan mengantarkan dan mengembalikan untuk dapat dilakukan pengawasan dan penanganan selanjutnya oleh pihak keluarga. (LE-BL)

Lenteraesai.id