judul gambar
HeadlinesKarangasem

Beli Bakso Bisa Pakai Kartu Kredit, Desa Duda Timur Sabet Rekor MURI Untuk yang Keenam Kalinya

Karangasem, LenteraEsai.id – Desa Duda Timur yang berada di bagian lereng selatan Gunung Agung di wilayah Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur, berhasil menyabet rekor MURI untuk yang keenam kalinya.

Saat ini, Desa Duda Timur meraih rekor MURI sebagai Desa Pertama di Indonesia yang menyediakan penggunaan platform pembayaran global secara non tunai, termasuk dengan menggunakan kartu kredit yang dikemas dalam suatu aplikasi yang disebut Smart Desa.

Inovasi pemanfaatan teknologi yang dinilai baik tersebut mendapat apresiasi dari Vision Plus. Bahkan pihak Vision Plus telah menjadi sponsor untuk Smart Desa di sejumlah daerah.

Perbekel Desa Duda Timur, I Gede Pawana menyampaikan hal tersebut ketika dikonfirmasi di desanya pada Selasa (20/9/2022). “Penghargaan MURI yang ke-6 ini ialah tentang aplikasi desa dalam upaya platform pembayaran global kartu kredit, entah itu kartu kredit Indonesia maupun kartu kredit tamu asing. Dengan adanya platform ini jadinya tamu asing pun bisa melakukan transaksi pembayaran melalui Smart Desa di Desa Duda Timur,” ucapnya.

Apa yang telah diterapkan di desanya tersebut, lanjut Pawana, tak hayal demi kemajuan serta pemanfaatan inovasi teknologi kemudahan dalam berinteraksi hingga kemudahan dalam bertransaksi keuangan bagi semua kalangan.

Smart Desa sebenarnya sudah dilaunching pada bulan Februari 2018 lalu yang rata-rata semua warga sudah memilikinya. Bahkan aplikasi ini sudah bekerja sama dengam 107 bank dengan dana penampung resmi ialah Bank BCA, Mandiri dan BRI.

Para pedagang di toko-toko ataupun warung kecil di Desa Duda Timur sudah menggunakan aplikasi Smart Desa. Tak hanya toko, bahkan pedagang sate, bakso dan lain-lain, sudah disediakan alat pembayaran ini. Dengan begitu, pihaknya berharap akan membawa dampak positif pada perekonomian. “Kami sudah siapkan, alat transaksinya pun sudah ada, jadi ini akan sangat memudahkan,” ujarnya.

Apalagi bagi para tamu asing, mungkin mereka tidak membawa uang tunai, jadi melalui sistem ini bisa berbelanja dengan memakai kartu kredit. “Sistem registrasinya yakni nomor kredit card dicatat kemudian dimasukkan ke aplikasi di HP, dipastikan sudah jalan transaksinya,” katanya, menjelaskan.  (LE-Ami)

Lenteraesai.id