judul gambar
HeadlinesKarangasem

Tanah Longsor Gerus Penyengker Sanggah dan Tutup Jalan Raya di Selat Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Bencana tanah longsor terjadi pada Kamis (15/9/2022) malam di wilayah Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem. Hal tersebut sampai mengakibatkan beberapa kerusakan bangunan. Tak hanya itu, longsor juga mengakibatkan jalan raya tertutup material hingga mengganggu aktivitas kendaraan yang lewat.

I Wayan Tunas, Perbekel Desa Muncan, Kecamatan Selat kepada media ini, Jumat (16/9) mengatakan, bencana tanah longsor bersamaan dengan turunnya hujan deras, terjadi di tiga titik lokasi. “Ada 3 lokasi yang longsor, salah satunya di Banjar Pakudansih, menimpa rumah warga kami, I Wayan Windra,” ucapnya.

Bagian tembok penyengker sanggah milik Wayan Windra jebol tergerus material longsor. Selain itu, beberapa pelinggih di sanggah juga mengalami kerusakan, seperti Pelinggih Surya, Rong Telu, Rong Dua dan Pengelurah.

Dari hasil penghitungan secara acak, korban Wayan Windra diperkirakan mengalami kerugian kurang lebih Rp40 juta, ujar Perbekel Wayan Tunas.

Mengetahui itu, pihak BPBD Kabupaten Karangasem tak tinggal diam. Pada Jumat (16/9/2022) siang terlihat menerjunkan tim untuk melakukan assesment dan melakukan penanganan pada tumpukan material longsor.

“Hari ini kami banyak tangani dampak hujan deras di wilayah Selat dan juga di Bebandem. Tak hanya longsor, juga terjadi pohon tumbang. Tindakan yang kami lakukan ialah pembersihan material dan juga assesment,” kata Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Sementara terkait kerusakan akibat longsor di salah satu rumah warga di Banjar Pakudansih, Kalaksa BPBD menjelaskan, selain beberapa pelinggih, juga tembok penyengger sanggah sepanjang 6,5 meter dan tinggi 4 meter, jebol setelah digerus material longsoran.

Tergolong mujur, musibah yang terjadi bermamaan dengan turunnya hujan deras disertai angin kencang pada malam itu tidak dilaporkan menelan korban jiwa maupun luka-luka, terkecuali sejumlah pengendara sempat terganggu akibat beberapa ruas jalan di Kecamatan Selat dan Bebandem tertutup material longsoran dan pohon tumbang. 

Namun kini, arus lalu lintas sudah kembali berjalan normal setelah tim BPBD Karangasem dibantu aparatur dan masyarakat setempat, bahu-membahu menyingkirkan material yang sempat menutup jalan raya. (LE-Ami) 

Lenteraesai.id