judul gambar
BulelengHeadlines

Sempat Ancam Bakar Tempat Jualan, Perselisihan ini Diselesaikan Melalui Sipandu Beradat

Buleleng, LenteraEsai.id – Adanya ajakan berkelahi yang disertai kata-kata  ancaman akan membakar sebuah warung yang ada di Pasar Desa Adat Sangsit, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, membuat si pemilik tempat berjualan itu merasa terancam dan mengaku ketakutan.

Kata-kata ancaman yang terlontar dari Komang Muliawan alias Kontek (35) terjadi pada Minggu (21/8) pukul 16.00 Wita, yakni saat Dewa Kadek Sudiasa (42) sedang memutar mobil pick-up yang dikendarainya di selatan Pasar Sangsit.

Bersamaan dengan itu, kata polisi, di lokasi tersebut melintas Komang Muliawan alias Kontek, yang langsung berhenti dan menantang Dewa Sudiasa untuk berkelahi, sekaligus mengancam akan membakar warung milik Dewa Sudiasa yang ada di Pasar Sangsit.

Kejadian tersebut kemudian diberitahukan oleh salah seorang warga kepada Bhabinkamtibmas Desa Sangsit dan petugas Pasar Desa Adat Sangsit Dauh Yeh.

Mendapat laporan, Bhabinkamtibmas Desa Sangsit Aipda Wayan Sugianta bersama-sama dengan anggota Forum Sipandu Beradat melakukan pertemuan untuk mempertemukan kedua belah pihak yang diduga memiliki masalah, yakni antara Komang Muliawan alias Kontek dengan Dewa Kadek Sudiasa. Tujuannya untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah Desa Sangsit.

Selanjutnya pada Kamis (25/8) pukul 11.50 Wita bertempat di Kantor Pasar Desa Adat Sangsit Dauh Yeh, dilakukan pertemuan untuk mencari jalan terbaik terhadap permasalahan yang terjadi antara Kontek dengan Dewa  Sudiasa.

Dari pertemuan yang dilakukan, Kontek meminta maaf atas perbuatan yang telah dilakukannya dan berjanji tidak melakukannya lagi, baik kepada Dewa Sudiasa maupun kepada orang lain. Tak lupa pihak Dewa Sudiasa juga memberikan maaf atas kejadian tersebut, sehingga permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat melalui Sipandu Beradat, tanpa melalui proses hukum.

Bhabinkamtibmas Desa Sangsit atas seizin Kapolsek Sawan menyampaikan bahwa untuk menjaga situasi kamtibmas di desa binaannya, diusahakan segala permasalahan yang kecil dapat diselesaikan melalui Forum Sipandu Beradat.  (LE-BL)

Lenteraesai.id