judul gambar
HeadlinesKarangasem

Sempat Sepi, Taman Tirtagangga Mulai Bangkit Dengan Penambahan Fasilitas Baru

Karangasem, LenteraEsai.id – Sempat sepi pengunjung akibat pandemi Covid-19 ditambah terkena musibah kolam jebol, kini Taman Tirtagangga, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem mulai bangkit. Satu persatu pembangunan fasilitas baru Taman Tirtagangga mulai dibuat demi kenyamanan pengunjung.

Setelah diterpa pandemi, Taman Tirtagangga sempat diterjang bencana pada pertengahan tahun 2021 lalu, yakni hujan lebat dan beberapa faktor lain yang mengakibatkan tembok penyengker Tirtagangga roboh hingga kolam jebol dan ribuan ikan mas usia tahunan pun mati sia-sia.

Namun sekarang, bak istilah ‘badai pasti berlalu’ seiring berjalannya waktu, Taman Tirtagangga mulai bangkit menggeliat kembali.

Terpantau pada Minggu (7/8/2022), cukup banyak didatangi wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk bercengkrama dan menikmati pesona taman peninggalan Raja Karangasem itu.

Sementara di beberapa lokasi tampak telah dan tengah dibangun fasilitas baru untuk lebih memberikan kenyamanan kepada para pengunjung atau wisatawan.

Ketua Pengelola Taman Tirtagangga, Anak Agung Made Kosalia ketika ditemui mengungkapkan, ada beberapa penambahan fasilitas yang kini telah dan menjelang rampung dikerjakan.

“Penambahan fasilitas berupa bangunan kedai dengan lokasi yang lebih dekat dijangkau wisatawan. Kami targetkan selesai sebelum tanggal 10 Agustus 2022 dan rencananya dipelaspas tanggal 12 Agustus mendatang, bertepatan dengan hari kelahiran saya,” katanya.

Sementara beberapa titik sudut lain di Taman Tirtagangga juga terlihat telah berdiri dua buah bangunan, yang merupakan fasilitas toilet. Masing-masing berada di belakang samping kiri dan kanan bangunan Wantilan.

“Yang satu ini bangunan toilet ladies dan satunya lagi toilet gentleman. Masing-masing bangunan terdiri atas 2 ruang toilet dan 1 wastafel di bagian depan,” ujarnya sambil menunjuk bangunan toilet yang telah rampung dikerjakan.

Sementara seiring meredanya kasus Covid-19, jumlah kunjungan ke Taman Tirtagangga, baik wisatawan mancanegara maupun domestik meningkat pesat. Jika dirata-ratakan dalam sehari bisa mencapai 700-an orang pengunjung, kata Agung Kosalia, dengan mimik wajah sumeringah. (LE-Ami) 

Lenteraesai.id