judul gambar
DenpasarHeadlines

Luncurkan Bank Sampah Kenanga, Banjar Balun Denpasar Kelola Sampah Berbasis Sumber

Denpasar, LenteraEsai.id – Masyarakat Kota Denpasar terus gencarkan terobosan pengelolaan sampah berbasis sumber yang cerdas melalui pembentukan Bank Sampah di setiap desa dan kelurahan.

Seperti pada Sabtu (23/7) pagi, satu lagi bank sampah hadir di tengah masyarakat, yakni Bank Sampah Kenanga di wilayah Banjar Balun Kelurahan Padangsambian yang pengoperasiannya diresmikan oleh Lurah Padangsambian Alit Artika.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Bendesa Adat Padangsambian Made Suparman, anggota BUPDA, kelihan adat dan dinas di wilayah setempat, Komunitas Kerti Bali Sejahtera (KBS) dan anggota PKK setempat.

Lurah Padangsambian Alit Artika saat dihubungi mengatakan, Bank Sampah Kenanga Banjar Balun ini telah dibentuk sejak bulan Juni lalu, di mana sebelumnya telah dilakukan sosialisasi kepada warga.

“Nasabah Bank Sampah sampai saat ini telah berjumlah 237 orang. Teknis operasional Bank Sampah ini adalah ibu-ibu PKK mengumpulkan sampahnya dan dibuatkan jadwal untuk dilakukan penimbangan dan pengambilan,” ungkapnya.

Selanjutnya, sambung Alit, hasil pilahannya diambil Bupda Padangsambian dan uang hasil dari penukaran tersebut langsung masuk ke rekening nasabah untuk ditabung. Sehingga nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat baik untuk pemenuhan kebutuhan harian ataupun keperluan upacara adat dan agama.

“Seperti telah diketahui bersama, adanya Peraturan Gubernur terkait pengelolaan sampah berbasis sumber menjadi awal mula pembentukan Bank Sampah di wilayah kami. Kami sebelumnya sudah rutin melaksanakan sosialisasi dengan tujuan nantinya supaya semua banjar baik adat maupun dinas di wilayah Padangsambian sudah membentuk Bank Sampah untuk menciptakan tata kelola persampahan yang baik di wilayah kami,” ujar Alit Artika. (LE-DP)

Lenteraesai.id