judul gambar
HeadlinesKarangasem

Tekan Kerugian Peternak, Sapi yang Terjangkit PMK Akan Dijual Dalam Bentuk Daging

Karangasem, LeteraEsai.id – Pemerintah Kabupaten Karangasem akan berupaya mencari solusi untuk menekan atau meminimalisir kerugian yang diderita para peternak setelah sapi piaraan mereka terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala UPT Puskeswan Pertanian Karangasem, Drh Pande Gede Arya Saputra di Amlapura, Kamis (7/7) mengatakan bahwa pemerintah nantinya akan membantu mencarikan penjagal atau konsumen yang mau membeli daging sapi yang diduga telah terjangkit penyakit tersebut.

Namun demikian, lanjutnya, tidak sembarangan, sapi-sapi yang terjangkit PMK ini akan dipotong secara bersyarat. Hal ini dilakukan agar daging sapi masih layak dan aman untuk dikonsumsi.

“Penyakit PMK ini kan tidak menular ke manusia, jadi sebagian besar daging sapi yang terjangkit aman untuk dikonsumsi. Cuma yang tidak bisa dikonsumsi itu bagian kepala, tulang kaki depan dan jeroan. Untuk dagingnya yang lain tidak masalah,” ujar Pande Arya Saputra.

Kendati demikian, kata Pande, hal tersebut masih menjadi kendala karena para peternak kebanyakan tidak mau memotong sapinya. “Kami masih berupaya melakukan pendekatan dulu ke peternak. Kemarin Satgas sudah bergerak. Kami juga akan mengkomunikasikan antara penjagal dan petani. Asal dari penjagal harganya cocok dan petani juga tidak rugi, baru di sana akan deal untuk dilakukan potong bersyarat,” ucapnya.

Sementara itu diterangkan pula jika penyakit PMK ini bukan penyakit yang mematikan bagi hewan ternak. “Penyakit ini memang gampang menular, namun kemungkinan kematian itu kecil. Namun ini juga tidak dapat diabaikan karena sangat berdampak pada ekonomi masyarakat, di mana sapi tidak bisa dibawa ke luar Bali,” katanya.

Sehubungan dengan tidak dapat dibawa keluar Bali, sementara penduduk di Pulau Dewata ini sedikit jumlahnya yang mengkonsumsi daging sapi, tentu akan dapat menjadi kendala bagi para peternak dalam melepas sapi-sapinya ke pasaran, katanya, menjelaskan. (LE-Ami)

Lenteraesai.id