HeadlinesKarangasem

Vaksinasi PMK Hewan Mulai Dilaksanakan Hari Ini di Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Merebaknya penyakit mulut dan kaki (PMK) yang menyerang hewan ternak sapi di wilayah Kabupaten Karangasem, membuat pihak Pemkab Karangasem kini semakin gencar melakukan tindak pencegahan meluasnya wabah tersebut.

Untuk kepentingan itu, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem melakukan vaksinasi PMK di wilayah Menanga, Kecamatan Rendang, pada Rabu (6/7).

Plt Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem Ida Bagus Suastika ketika dikonfirmasi menyatakan bahwa pihaknya kini tengah melakukan vaksinasi PMK terdadap hewan-hewan piaraan penduduk di Menanga.

“Target vaksinasi ialah sapi yang masih sehat. Jadi sasaran kami ternak sapi milik warga yang masih sehat yang berada pada radius 3 kilometer dari kasus positif PMK yang belakangan ini ditemukan,” ucapnya.

Dalam wawancara singkat, Bagus Suastika menyebutkan bahwa sapi yang bergejala tidak akan divaksinasi, melainkan hanya diberi vitamin dan obat agar imunitas tubuhnya meningkat. 

Seperti telah diberitakan, selain 7 ekor sapi ditemukan positif PMK, juga sekitar 100 ekor lainnya belakangan ini dinyatakan suspect penyakit kuku dan mulut di beberapa daerah di Kabupaten Karangasem. (LE-Ami) 

Lenteraesai.id