judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

Wagub Bali Apresiasi FGD Uji Sahih RUU Serikat Pekerja

Denpasar, LenteraEsai.id – Wakil Gubernur Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Uji Sahih RUU tentang Perubahan UU Nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang digelar Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, di ruang pertemuan Kantor Bappeda Provinsi Bali di Denpasar, Senin (27/6).

Mengawali sambutannya, Wagub Cok Ace menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena Bali dipilih sebagai tempat pelaksanaan FGD Uji Sahih RUU ini. Ia berharap, keindahan alam, kedamaian dan nuansa religius kehidupan sosial masyarakat Bali dapat memberikan kekuatan dan inspirasi yang positif.

“Sehingga dapat menghasilkan rumusan-rumusan terbaik yang mengakomodir kepentingan pengusaha, pekerja dan organisasi pekerja dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan,” ungkap Cok Ace.

Lebih jauh ia menerangkan, serikat pekerja/serikat buruh merupakan salah satu sarana hubungan industrial, organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun di luar perusahaan. Serikat pekerja/serikat buruh bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab untuk memperjuangkan, melindungi, membela kepentingan dan kesejahteraan pekerja/buruh beserta keluarganya.

“Mengacu ketentuan UU, pekerja/buruh dan serikat pekerja/serikat buruh harus ikut bertanggung jawab membangun hubungan industrial yang aman dan efektif di perusahaan, serta menjamin kelangsungan dan keberhasilan perusahaan. Sebaliknya, pengusaha harus memperlakukan pekerja/buruh sebagai mitra sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan,” imbuhnya, menerangkan.

Masih dalam sambutannya, Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa mengacu data yang dihimpun OPD yang membidangi ketenagakerjaan di kabupaten/kota tahun 2019, di Bali terdapat 147 Serikat Pekerja.

“Hasil verifikasi per Juni 2022, Serikat Pekerja di empat wilayah yaitu Kota Denpasar, Kabupaten Karangasem, Buleleng, Tabanan berjumlah 52 dengan anggota sebanyak 3.577 orang. Selain itu, terdapat pula satu Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia,” papar Wagub Bali dalam sambutannya.

Wagub Cok Ace mengingatkan, tantangan Serikat Pekerja ke depan akan semakin kompleks dalam menghadapi dinamika pembangunan ketenagakerjaan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi di era industri 4.0.

“Tanggung jawab juga menjadi lebih besar, bukan saja terhadap anggota akan tetapi juga kepada kelangsungan dan keberhasilan perusahaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komite III DPD RI Prof Dr Hj Sylviana Murni SH MSi menyampaikan sejumlah hal krusial dalam perubahan UU Nomor 21 Tahun 2000. Salah satu pembahasan dalam perubahan adalah belum terakomodirnya pekerja berplatform digital dalam wadah Serikat Pekerja. Melalui kegiatan FGD ini, Komite III DPD RI ingin menyerap berbagai masukan terkait dengan RUU ini. Acara diakhiri dengan penyerahan cenderamata.  (LE-DP1)

Lenteraesai.id