judul gambar
BadungHeadlines

Tingkatkan Kompetensi Taksonomi Ikan, BRIN dan FKP Unud Gelar Workshop Internasional

Badung, LenteraEsai.id – Badan Riset Inovasi Nasional atau BRIN (Pusat Riset Oseanografi-Organisasi Riset Kebumian dan Maritim) dengan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana (FKP Unud), menggelar ‘International Workshop & Training on Fish Taxonomy’ yang didukung penuh oleh COREMAP-CTI, dalam rangka meningkatkan kompetensi dalam bidang taksonomi ikan.

Acara berlangsung pada 9-19 Juni 2022 di dua tempat secara bergantian, yakni di Hotel Mercure Nusa Dua untuk penyampaian materi, dan di Kampus FKP Unud sebagai tempat praktik.

Dr Ir Frensly Demianus Hukom MSi selaku koordinator Workshop mengatakan, kegiatan kali ini diikuti oleh sebanyak 20 orang yang berasal dari beberapa negara, seperti Malaysia, Taiwan, Vietnam, Bangladesh, dan Indonesia.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi peserta dalam melakukan identifikasi ikan berdasarkan morfologinya secara akurat serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” ucapnya.

Sementara Dekan FKP Unud yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Korprodi Ilmu Kelautan FKP Unud Dr Dwi Budi Wiyanto SKel MP, menyambut dengan hangat kedatangan para peserta Workshop di Pulau Dewata, Bali.

Dr Dwi Budi Wiyanto SKel MP menyebutkan, pelatihan ini diadakan dengan tujuan mengembangkan sumber daya manusia, dalam hal ini para akademisi, khususnya di bidang taksonomi ikan, sehingga output yang diharapkan adalah dapat memberikan gambaran bahwa identifikasi ikan yang akurat dapat dijadikan dasar sebagai pengambilan keputusan dan manjemen pengelolaan perikanan yang berkelanjutan.

“Kami atas nama universitas dan fakultas, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan BRIN yang sudah berkolaborasi dan menjadikan Bali serta FKP Udayana sebagai tuan rumah sekaligus pelaksana lokal acara kali ini,” ungkap Dr Dwi Budi, menyampaikan.  (LE-BD)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id