judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlines

PPDB SMA/SMK Tahun 2022 di Bali Akan Segera Dibuka

Denpasar, LenteraEsai.id – Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga menyampaikan bahwa penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA dan SMK tahun pelajaran 2022/2023 akan dibuka mulai 22 Juni 2022 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kadisdikpora Provinsi Bali Dr KN Boy Jayawibawa dalam jumpa pers yang bertempat di Gedung Disdikpora Provinsi Bali di Denpasar, Senin (6/6).

Kadisdikpora Jayawibawa menjelaskan bahwa pelaksanaan PPDB TP 2022/2023 berpedoman pada Peraturan Gubernur Bali Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan serta Keputusan Gubernur Bali Nomor: 288/03-A/HK/2022 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada SMA dan SMK Tahun Pelajaran 2022/2023.

“Dalam PPDB Tahun 2022 ini, jumlah lulusan SMP di Provinsi Bali sebanyak 66.617 siswa, sedangkan jumlah daya tampung SMA-SMK negeri di Provinsi Bali sebanyak 45.721 siswa dari 89 SMA negeri dan 56 SMK negeri. Jumlah daya tampung SMA-SMK swasta di Provinsi Bali sebanyak 41.833 siswa dari 74 SMA swasta dan 119 SMK swasta,” ujar Jayawibawa, menjelaskan.

Lebih lanjut, Kadisdikpora menyebutkan bahwa tahun 2022 ini juga akan dibuka 4 (empat) unit sekolah baru SMA/SMK yang mulai beroperasi tahun ini. “Di antaranya yaitu SMA Negeri 3 Kuta Selatan di Kecamatan Kuta Selatan, SMA Negeri 3 Mengwi di Kecamatan Mengwi, SMK Negeri 2 Kuta Selatan di Kecamatan Kuta Selatan, dan SMK Negeri 1 Mengwi di Kecamatan Mengwi,” ucap Jayawibawa.

Dalam jumpa pers tersebut juga dijelaskan bahwa peserta didik SMA/SMK dapat melakukan pendaftaran maksimal melalui 3 jalur pendaftaran PPDB secara bersamaan dalam satu tahapan sepanjang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

“Pendaftaran, Seleksi dan Pengumuman PPDB SMA/SMK akan dilaksanakan secara bersamaan untuk semua jalur (jalur afirmasi, jalur inklusi, jalur sertifikat prestasi, jalur zonasi, jalur rangking nilai rapor) dalam satu tahapan,” ungkap Jayawibawa.

Kadisdikpora turut mengumumkan beberapa tahapan PPDB tahun 2022 ini. Di antaranya pendaftaran dimulai pada tanggal 22 sampai 25 Juni 2022, seleksi tanggal 26 Juni sampai 2 Juli 2022, dan pengumuman tanggal 4 Juli 2022. Daftar ulang bagi peserta didik yang dinyatakan diterima akan dilakukan pada tanggal 5 sampai 7 Juli 2022.

Kemudian Jayawibawa menjelaskan kapasitas jalur pendaftaran PPDB SMA dan SMK yang terdiri atas empat jalur. ”PPDB SMA dibagi menjadi Jalur Zonasi (50 persen), Jalur Afirmasi termasuk Jalur Inklusi (15 persen), Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali (5 persen), Jalur Sertifikat Prestasi (20 persen), Jalur Rangking Nilai Rapor (10 persen),” ucapnya.

Sedangkan jalur pendaftaran PPDB SMK memiliki sedikit perbedaan. “PPDB SMK dibagi menjadi Jalur Zonasi termasuk Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali (10 persen), Jalur Afirmasi termasuk Jalur Inklusi (30 persen), Jalur Sertifikat Prestasi (15 persen), Jalur Ranking Nilai Rapor (45 persen),” imbuhnya, menegaskan.

Seleksi PPDB SMA, menurut Kadisdikpora, akan dilakukan berdasarkan urutan jalur PPDB SMA yaitu jalur inklusi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orangtua/wali, jalur sertifikat prestasi, jalur zonasi dan jalur rangking nilai rapor. Seleksi PPDB SMK dilakukan berdasarkan urutan jalur PPDB SMK yaitu jalur inklusi, jalur afirmasi,jalur sertifikat prestasi, jalur zonasi dan jalur rangking nilai rapor.

Mewakili Disdikpora Provinsi Bali, Jayawibawa mengingatkan bahwa tahapan pelaksanaan PPDB ini wajib mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Untuk membantu kelancaran pelaksanaan PPDB, telah dibentuk posko-posko PPDB di masing-masing satuan pendidikan SMA/SMK negeri, termasuk memfasilitasi daerah-daerah yang memiliki hambatan dalam pelaksanaan pendaftaran secara daring (online) karena keterbatasan infrastruktur/peralatan, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Mengakhiri jumpa persnya, Jayawibawa mengimbau kepada calon peserta didik baru agar menyiapkan dokumen yang menjadi persyaratan PPDB, kemudian melakukan pendaftaran secara online pada portal PPDB Provinsi Bali.

“Bagi calon peserta didik yang akan mendaftar di jenjang SMA dapat mengakses website http://smabali.siap-ppdb.com, sedangkan bagi calon peserta didik yang akan mendaftar di jenjang SMK dapat mengakses http://smkbali.siap-ppdb.com,” kata Kadisdikpora dalam jumpa pers tersebut.  (LE-DP)

Lenteraesai.id