judul gambar
DenpasarHeadlines

Kori Agung di Pura Dalem Bungkeneng Denpasar ‘Dipelaspas’

Denpasar, LenteraEsai.id – Sehubungan telah rampungnya pelaksanaan renovasi Kori Agung Ratu Ngurah Agung dan Kori Ratu Ayu Kahyangan Pura Dalem Bungkeneng lan Kahyangan di Desa Adat Tonja, Denpasar, dilanjutkan dengan upacara ‘pemelaspasan’ pada Senin, 30 Mei 2022.

Pelaksanaan upacara pemelaspasan yang bertujuan untuk penyucian kawasan suci itu, tampak dihadiri Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara yang didampingi Camat Denpasar Utara Wayan Yuswara, Kadis Kebudaayan Kota Denpasar Raka Purwantara, Kabag Kesra Kota Denpasar IB Alit Antara, Lurah Tonja Made Sunantara, serta Bendesa Adat Tonja Jro Mangku Made Budiasa. Hadir pula tokoh masyarakat dan pengempon lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bendesa Adat Tonja Jro Mangku Made Budiasa saat diwawancara mengatakan, pelaksanaan upacara pemelaspasan dalam masa pandemi Covid-19 ini tentu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta mewajibkan para pemedek untuk menggunakan masker. Lebih lanjut dikatakannya, hari ini dilaksanakan upacara pemelaspasan Kori Agung Pura Dalem serta Kori Agung Kahyangan. Upacara ini dipuput oleh Ida Sulinggih Sire Mpu Dharma Sunu, dari Griya Pande Tega.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar khususnya kepada Bapak Wali Kota IGN Jaya Negara, telah menghadiri pelaksanaan upacara pemelaspasan ini serta ikut serta dalam prosesi Mendem Dasar,” kata Jro Mangku Made Budiasa.

Sementara Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara berharap dengan rampungnya renovasi dan telah dilaksanakannya upacara melaspas ini, ke depannya dapat meningkatkan rasa kekeluargaan antarumat serta Sradha Bhakti  kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa semakin meningkat, sehingga dapat menimbulkan dampak yang postif terhadap semua umat.

“Dalam situasi pandemi ini hendaknya kita semua tetap waspada dan tetap wajib untuk mengikuti anjuran prokes, sehingga kita semua terhindar dari penyebaran virus Covid-19, meski di sejumlah daerah kini sudah mulai mereda,” kata Jaya Negara. (LE-DP) 

Lenteraesai.id