judul gambar
HeadlinesKarangasem

Majelis Adat Apresiasi Upaya Gotong-royong Bangun Gedung MDA Kecamatan Selat

Karangasem, LenteraEsai.id – Dalam rangka pembangunan Gedung Majelis Desa Adat (MDA) Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, dilaporkan melibatkan seluruh komponen, baik pengusaha galian C, retail maupun semua krama desa adat dan LPD se-Kecamatan Selat.

Bendesa Alitan MDA Selat, I Komang Sujana SAg yang juga selaku Bendesa Adat Duda, Sabtu (7/5) menyatakan, pembangunan gedung bergotong royong. Para bendesa dan LPD siap untuk mepunia selama dua tahun,  yakni pada 2021-2022. “LPD mepunia CSR sebanyak 25 persen,” ujarnya.

Di tahun ini, LPD mepunia Rp 57 juta. “Mudah-mudahan pembangunan bisa selesai di tahun ini,” ujarnya, mengharapkan.

Untuk menambah biaya, pihaknya juga membuat kupon. “Ini bukan gagah-gagahan, ini representatif umat Hindu di Kecamatan Selat. Tidak hanya membahas masalah di Selat, tetapi juga mendukung program Pak Gubernur Bali, salah satunya perlindungan bahasa, aksara dan sastra,” ucapnya.

Seiring pembangunan gedung, lanjutnya, Gubernur Bali memberi bantuan semen. “Namun jumlahnya saya belum tahu, kami disuruh ambil di Jayasabha Denpasar,” ujarnya.

Untuk lahan yang akan dimanfaatkan. lanjut Komang Sujana, merupakan aset provinsi. “Bapak Gubernur Koster telah memberikan seluas 10 are,” katanya.

Di samping itu, pihaknya juga bersinergi dengan PHDI. Nantinya gedung bisa dimanfaatkan untuk kegiatan Diksa Periksa, Sudi Wadani dan lain-lain. “Nanti bisa dipusatkan di sana,” ujarnya.

Ia berpesan kepada seluruh stakeholder dan LPD, selaku Bendesa Alit MDA Kecamatan Selat mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya. “Kami beberapa kali paruman, ini perjalanan panjang membangun kantor hanya dengan ucapan doa, semoga pikiran baik datang dari segala penjuru,” ujarnya.

Dengan usaha tiada henti, setulusnya, pihaknya yakin Kantor MDA bisa terwujud. “Mari dukung pembangunan ini, nantinya untuk generasi ke depan, anak cucu ke depan. Semoga Selat sebagai pioneer, karena satu-satunya MDA kecamatan membangun kantor secara swadaya, mandiri dan hanya bermodal semangat membara,” ujar Komang Sujana.

Untuk masyarakat Selat, diharapkan mampu menjalin persatuan dalam bingkai NKRI, UUD 1945 dan agama Hindu. “Mari kita terus melangkah bersama. Karena hanya dengan persatuan, apapun harapan bisa terwujud,” ucapnya, mengingatkan.

Walaupun kantor dibangun secara gotong-royong, namun gubernur serta Pemerintah dan DPRD Kabupaten Karangasem juga membantu proses mewujudkan Gedung MDA Selat tersebut. “Terima kasih kepada Ketua DPRD Karangasem dan anggota DPRD, Ibu Darmini dan Pak Gubernur Koster yang akan memberikan semen. Termasuk stakeholder mohon doa dan dukungan moral dan material, kami sangat berterima kasih. Tangan kami terbuka memohon kepada beliau di jajaran eksekutif dan legislatif,” ujarnya.  (LE-KR) 

Lenteraesai.id